Minggu, 25 Feb 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Internasional

Trump Puji Tiongkok, Ngamuk ke Rusia

| editor : 

Presiden AS Donald Trump

Presiden AS Donald Trump (Reuters)

JawaPos.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump sangat kesal karena Rusia malah membantu Korea Utara (Korut) untuk menghindari sanksi internasional. Ini menandakan Trump marah dan frustrasi terhadap Rusia yang ia harapkan dapat menjalin persahabatan usai kemenangan pemilihannya. Namun Rusia malah membuatnya kecewa.

"Rusia sama sekali tidak membantu mengenai Korut," kata Trump, Rabu, (17/1).

Tiongkok, ujar Trump, membantu mengatasi Korut. "Sedangkan Rusia malah berbelok arah. Dengan kata lain, Rusia sedang mencari tahu apa yang sedang dilakukan Tiongkok."

Vladimir Putin, ujar Trump, sebenarnya bisa berbuat banyak berkaitan dengan pemecahan masalah Korut. "Tapi sayangnya kita tidak memiliki banyak hubungan dengan Rusia."

Tiongkok dan Rusia keduanya menandatangani putaran terakhir sanksi Dewan Keamanan PBB melawan Korut yang dipaksakan tahun lalu. Tidak ada komentar langsung dari Kedutaan Besar Rusia di Washington atas ucapan Trump.

Trump mengatakan, ia mempertimbangkan denda yang besar sebagai bagian dari penyelidikan dugaan pencurian kekayaan intelektual Tiongkok. Ia juga telah kehilangan semua kepercayaan pada juru runding utama Partai Demokrat mengenai imigrasi di senat.

Ia juga menolak untuk menghapus laporan yang kontroversial karena menggunakan frase negara-negara 'brengsek' dalam sebuah pertemuan di Gedung Putih. Ini menyebabkan masifnya protes internasional.

Dengan Korut bertahan sebagai tantangan global utama yang dihadapi Trump tahun ini, ia ragu-ragu apakah pembicaraan dengan Kim Jong Un akan berguna.

"Saya akan duduk dan berbicara dengannya. Tapi saya tidak yakin kalau duduk akan memecahkan masalah," kata Trump.

Negosiasi masa lalu dengan Korut oleh pendahulunya juga gagal untuk mengendalikan program nuklir dan rudal Korut.

(Reuters/met/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP