JawaPos Radar

India Hentikan Subsidi Haji Minoritas Muslim

17/01/2018, 11:47 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
India Hentikan Subsidi Haji Minoritas Muslim
Haji (Reuters)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah India menghentikan subsidi haji bagi ribuan umat Muslim di India yang sudah berlangsung puluhan tahun. Langkah ini merupakan kebijakan terbaru pemerintah.

Menteri Urusan Minoritas Mukhtar Abbas Naqvi mengatakan, langkah tersebut adalah sebuah kebijakan untuk memberdayakan kaum minoritas untuk menjaga harga dirinya. Selain itu juga agar tidak mendapat kenikmatan terus-menerus.

"Dana subsidi haji akan digunakan untuk pemberdayaan pendidikan perempuan dan anak dari masyarakat minoritas," kata Naqvi seperti dilansir Al Jazeera, Rabu, (17/1).

Keputusan ini menyusul keputusan Mahkamah Agung pada tahun 2012 yang mengusulkan secara bertahap mengurangi subsidi haji. Nantinya subsidi akan benar-benar dihapus pada tahun 2022.

Langkah tersebut disambut baik oleh banyak kelompok Muslim di India. "Ini telah menjadi tuntutan lama masyarakat Muslim di India," kata Presiden All India Muslim Majlis E Mushawarat, Navaid Hamid.

Subsidi haji bagi Muslim India dimulai sejak tahun 1954 sebesar miliaran Rupee kepada Muslim yang tidak mampu. Pada 2016, jumlahnya sekitar USD 75 juta, jumlah ini turun dari tahun 2013 yang jumlahnya sekitar USD 100 juta.

Pemerintah India menilai, jumlah Muslim yang akan naik Haji telah menjadi rekor yaitu 175.000 orang.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up