Rabu, 17 Jan 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
JPG Today

Bermain Perahu Pasir, Dua Bocah Hanyut, Satu Selamat Satunya Tenggelam

| editor : 

Evakuasi Bocah Tenggelam

Proses evakuasi korban tenggelam di Kali Progo, Pajangan, Bantul (dok. Humas Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan Basarnas Yogyakarta)

JawaPos.com – Keasikan bermain perahu pencari pasir, dua orang bocah hanyut terseret arus di Kali Progo, Dusun Mangir Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Minggu (14/1) sore.

Satu diantaranya berhasil diselamatkan oleh petugas gabungan, sementara satunya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Korban selamat atas nama Rossi, sementara yang meninggal bernama M Rifki, 13 warga setempat.

Informasi yang berhasil dikumpulkan, Minggu (14/1) sore sekitar pukul 15.15 WIB. Kedua bocah itu bermain perahu pasir tanpa pengawasan orang dewasa. Diduga keduanya bermain hingga ke tengah dan perahu yang dipergunakan kedua bocah tersebut mengikuti arus sungai.

Begitu sampai area grojokan, perahu terjun ke bawah dan keduanya tercebur hanyut ke dalam sungai. "Arusnya tidak terlalu deras, itu di wilayah grojokannya," ucap Koordinator Humas Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Yogyakarta, Pipit Eriyanto, Minggu (14/1) petang.

Mendapatkan informasi tersebut, pihaknya bersama dengan petugas gabungan dari unsur Kantor Basarnas Yogyakarta, Polsek Pajangan, Koramil Pajangan, BPBD Bantul, PMI Bantul, SAR DIY, dan Komunitas relawan langsung terjun ke lokasi kejadian.

Korban selamat atas nama Rossi berhasil dievakuasi pada pukul 16.12 WIB, sementara Rifki ditemukan meninggal pukul 17.56 WIB. "Lokasi temuan tidak terlalu jauh dari tempat kejadian. Begitu ditemukan korban langsung dibawa ke rumah dukua," katanya.

Pipit menambahkan tidak ada kendala khusus dalam pencarian kedua korban tersebut. Hanya saja, dalamnya sungai membuat tim harus mengerahkan peralatan tambahan, yakni perahu karet dan alat selam. "Ketika anak kecil bermain di sungai sebaiknya harus ada pengawasan. Ini menjadi pelajaran bagi semuanya," pungkasnya.

(dho/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP