Kamis, 26 Apr 2018
Logo JawaPos.com
Hukum & Kriminal

Motif Perampokan Bocah SMP Masih Didalami

| editor : 

Rampok Mobil

Barang bukti berupa mobil korban yang diamankan oleh Polsek Pakem (Ridho Hidayat/JawaPos.com)

JawaPos.com – Pihak kepolisian masih mendalami motif siswa SMP berinisial R, 16, yang nekat melakukan perampokan mobil taksi online di Kawasan Wisata Kaliurang, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

Penyidik tidak ingin gegabah lantaran pelaku masih di bawah umur. Sejauh ini, pihak keluarga maupun sekolah sudah datang ke kantor kepolisian.

"Motifnya saat ini masih didalami. Pemeriksaan awal kami lakukan dengan hati-hati karena pelaku masih dibawah umur," ujar Kapolsek Pakem Kompol Haryanta saat dikonfirmasi Sabtu (13/1).

Fakta yang baru didapatkannya dari pemeriksaan awal yaitu pelaku sudah merencakan aksinya sewaktu hendak melakukan tindak perampokan mobil yang terjadi pada Jumat (11/1) malam, di kawasan wisata Kaliurang Sleman tersebut.

Hal itu dipastikan dari isi tas yang dibawa oleh pelaku, dengan ditemukannya pemukul dan semprotan cairan obat nyamuk. "Dugaan awal memang direncanakan. Itu dipersiapkan sejak awal," tuturnya.

Sebagaimana diketahui sebelumnya R melakukan tindakan perampokan terhadap mobil korban bernama Hartono, 46, warga Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman.

Modus yang dipergunakan pelaku yakni dengan cara memesan taksi online di sekitar Wedomartani dengan tujuan ke kawasan Kaliurang.

Kondisi malam hari dan cukup sepi karena terletak di kaki Gunung Merapi ini dimanfaatkan oleh pelaku dengan memukul kepala korban dari belakang sewaktu mobil tengah berjalan menuju lokasi yang dipesan.

Pelaku kemudian membawa kabur mobil Daihatsu Xenia dengan nopol AB 1934 XY milik korban.

Korban pun melaporkan kejadian tersebut setelah ditolong oleh warga. Upaya dari pihak kepolisian pun membuahkan hasil dengan ditangkapnya R tak jauh dari lokasi kejadian. Sementara ini, korban yang sempat dirawat di rumah sakit sudah diperbolehkan untuk pulang

(dho/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP