Selasa, 16 Jan 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Pemilihan

Pilkada Jateng 2018

Kelelahan, Rata-rata Paslon Terserang Flu dan Batuk

| editor : 

Dr. Banteng Hanang Wibisono

Ketua tim pemeriksa Dr. Banteng Hanang Wibisono saat ditemui wartawan di Semarang. (Tunggul Kumoro/JawaPos.com)

JawaPos.com - Sejumlah pasangan calon yang akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah Jawa Tengah 2018 baru saja menyelesaikan tes kesehatan di RSUP Dr. Karyadi Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (13/1). Hasil sementara tidak ditemukan penyakit serius pada para paslon. 

Ditemui di Ruang Gardenia RSUP Dr. Kariadi, Ketua tim pemeriksa Dr. Banteng Wibisono mengatakan, pemeriksaan kesehatan kali ini meliputi tes fisik dan uji laboratorium. 

"Yang diperiksa tadi mata, THT (telinga, hidung, dan tenggorokan), gigi, mulut, penyakit dalam, seperti fungsi paru dan jantung. Calon perempuan ada obstetrik dan genekologi. Setelah itu masih ada onkologi, ortopedi dan orologi," kata dia.

Dari rangkaian pemeriksaan itu, Banteng melanjutkan, hasil awal menunjukkan bahwa para paslon tersebut bisa dinyatakan bebas dari penyakit berbahaya. Ia mengatakan, pasien-pasiennya hanya mengalami kelelahan. 

"Rata-rata ada yang flu, juga batuk. Mereka kecapekan mungkin karena proses persiapan itu. Tapi secara klinis saya rasa (kondisi kesehatan) baik semua," sambungnya. 

Dari hasil sementara itu, Banteng mengaku masih belum bisa menentukan layak tidaknya para paslon untuk maju ke tahapan berikutnya. Pasalnya, pihaknya masih akan menggelar rapat pleno semisal ditemukan indikasi penyakit yang dapat menggugurkan seorang calon. 

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng Divisi Teknis, Ikhwanudin menuturkan pihaknya paling lambat akan menerima hasil dari rapat pleno itu pada Selasa (16/1) sore dan bakal diumumkan setelahnya. 

Dirinya menambahkan, pihak KPU Jateng masih akan melakukan verifikasi administrasi serta berkas persyaratan calon yang akan disampaikan kepada paslon pada tanggal 17 dan 18 Januari 2018.

"Jadi ini tentang mana-mana yang harus diperbaiki. Persyaratan calon seperti fotocopy ijazah yang sudah dilegalisir, tanda bukti LHKPN, surat dari PN terkait tidak pernah dipidana penjara dan lainnya," tandasnya. 

Sebagaimana diketahui sebelumnya, sejumlah pasangan calon Pilkada Jawa Tengah 2018 yang telah dinyatakan lolos berkas pendaftaran oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) melaksanakan tes kesehatan, mulai hari Jumat (12/1) hingga Sabtu (13/1).

Pemeriksaan para paslon dibagi di dua rumah sakit berbeda. Untuk pilgub Jateng, Pilbup Kudus, Pilbup Tegal, dan Pilwalkot Tegal dilaksanakan di RSUP Dr. Karyadi, Semarang. Sementara itu, untuk paslon di Pilbup Karanganyar, Magelang, Temanggung, dan Banyumas digelar di RSUD Dr. Moewardi.

(gul/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP