Sabtu, 21 Apr 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Bisnis

Akhirnya, Pemerintah Miliki 51 Persen Saham Freeport Pada Juni 2018

| editor : 

Freeport

Freeport (Dok. JawaPos.com)

JawaPos.com - Pemerintah menargetkan divestasi saham Freeport sebesar 51 persen rampung pada Juni 2018. Hal ini sesuai dengan instruksi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan. Saat ini, saham pemerintah di Freeport baru mencapai 9,36 persen.

"(Target divestasi) Ikut Pak Jonan (Menteri ESDM) Juni 2018," ujar Direktur PT Inalum (Persero) Budi Gunadi Sadikin di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (12/1).

Budi menegaskan divestasi ini juga akan mencaplok 40 persen saham Rio Tinto di Grasberg. Saat ini, pemerintah tengah bernegosiasi dengan perusahaan tambang asal Australia ini.

Menteri ESDM Ignasius Jonan

Menteri ESDM Ignasius Jonan (Dok. Jawapos.com)

Untuk mengakuisisi ini, pemerintah dan pemerintah daerah akan membentuk konsorsium. Nantinya, 51 persen saham Freeport akan dimiliki konsorsium tersebut.

"Kita akan bersama Pemda dan Pemprov untuk masuk ke saham, supaya tidak pecah-pecah dan supaya kita mayoritas. Kalau kita masuk sendiri-sendiri nanti kepemilikannya sendiri-sendiri. Kita akan kerja sama masuk sebagai perusahaan yang mayoritas," tegasnya.

Deputi Bidang Usaha Tambang, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengatakan pengambilalihan saham PT Freeport Indonesia (PTFI) tidak akan membebankan keuangan negara. Nantinya, pencaplokan saham Freeport akan menggunakan skema aksi korporasi.

"Jadi 51 persen itu atas nama Konsorsium Pemerintah Indonesia," kata Harry.

(hap/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP