Minggu, 21 Jan 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Teknologi

Canggih! Teknologi Masa Depan, Pesawat Tak Lagi Pakai Pilot

| editor : 

boeing drone

Prototipe pesawat tanpa awak dari Boeing (Boeing)

JawaPos.com – Teknologi di masa depan sudah mulai terlhat. Semuanya akan serba otomatis, yakni dikerjakan dengan sistem komputer yang canggih dan terintegrasi. Industri transportasi salah satunya.

Sistem otomatisasi memungkinkan manusia untuk tidak lagi bertindak sebagai operator kendaraan. Semua akan dikendalikan oleh komputer. Hal itu dikenal dengan kendaraan otonom atau tanpa awak. Ke depan, ketika menaiki pesawat kemungkinan Anda tidak akan lagi menjumpai sang pilot.

Kendaraan otonom memungkinkan Anda hanya bersantai di kursi penumpang saat berkendara ke mana pun. Kendaraan tanpa pengemudi ini telah direncanakan untuk merevolusi segala aktivitas manusia. Mulai dari industri kargo, transportasi publik, kesehatan, fasilitas umum, hingga mengantarkan pizza sampai depan rumah Anda.

boeing drone

Boeing Drone Octocopter (Boeing)

Revolusi kendaraan otonom tidak hanya menjangkit pada kendaraan di darat semisal mobil motor atau kereta. Namun nantinya ke semua jenis alat transportasi seperti pesawat atau kapal laut.

Seperti JawaPos.com lansir dari laman Engadget, Jumat (12/1), industri transportasi pesawat terbang juga telah memulai langkah besar otonom. Boeing pun tak mau ketinggalan melakukan langkah luar biasa.

Diketahui, Boeing merupakan salah satu dari banyak perusahaan yang berinvestasi di pesawat tanpa awak (Drone). Bahkan perusahaan asal Amerika itu telah memamerkan beberapa karya awalnya dalam bentuk sebuah octocopter besar yang mampu membawa muatan hingga 500 pound atau setara dengan 250 kg.

Dalam waktu kurang dari tiga bulan, Boeing membangun dan menguji coba penerbangan yang berhasil menerbangkan Drone prototipenya itu. Drone buatan Boeing dirancang dari logam dan baterai berukuran 1,5 meter dengan lebar 5,4 meter dan tinggi 1,2 meter. Bobotnya mencapai hampir 339 kg.

Pihak Boeing mengatakan bahwa uji cobanya itu merupakan terobosan yang akan segera membuka masa depan. “Ini adalah bentuk nyata inovasi kami dalam sistem kendaraan otonom. Inilah teknologi masa depan,” katanya.

Boeing bekerja sama dengan Aurora Flight Sciences untuk membangun Drone komersilnya itu. Aurora Flight Science sendiri merupakan perusahaan dari Boeing Company dengan fokus khusus pada pesawat tak berawak dan pesawat terbang yang diumumkan Boeing pada Oktober lalu.

Aurora juga bekerja sama dengan Lembaga Riset Pertahanan Amerika Serikat (DARPA) untuk mengembangkan beberapa kendaraan dan teknologi yang keren, serta dengan Uber dalam proyek taksi terbangnya. Terakhir, Aurora menunjukkan misi pengiriman tak berawak dapat mendukung pasukan di darat menggunakan helikopter UH-1H Marinir AS yang dipasang dengan sistem otonom.

(ce1/ryn/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP