JawaPos Radar

Rayakan 88 Tahun, Pedagang Pasar Gede Obral Buah Naga

12/01/2018, 09:50 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Pasar Gede Solo
OBRAL: Puluhan warga berebut membeli buah naga saat perayaan 88 tahun Pasar Gede, Jumat (12/1) (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Dalam rangka merayakan 88 tahun Pasar Gede, pedagang mengadakan obral buah naga. Khusus hari ini, buah naga yang dijual hanya Rp 5.000 per kilogram. Pasar buah murah ini langsung diserbu oleh ratusan pembeli. Untuk pasar murah buah naga ini pedagang menyiapkan 10 ton buah naga.

Koordinator Penyelenggara Komunitas Paguyuban Pasar Gede (Komppag), Wiharto menjelaskan, gelaran pasar murah khusus buah naga ini merupakan rangkaian dari perayaan 88 tahun Pasar Gede. Pedagang sudah menyediakan buah naga ini untuk para warga dengan harga yang jauh di bawah harga pasaran.

Jika biasanya harga buah naga di pasaran mencapai Rp 10.000 sampai dengan Rp 12.000. Tetapi, khusus untuk merayakan HUT Pasar Gede, pedagang menjualnya dengan harga Rp 5.000 saja.

"Tetapi untuk pembelian dibatasi untuk satu orang maksimal lima kilogram, tidak boleh lebih. Agar pembeli lain juga bisa kebagian," terangnya kepada JawaPos.com, Jumat (12/1).

Lebih lanjut Wiharto mengatakan, selain pasar buah murah, ada juga kirab tumpeng sebanyak 88 tumpeng. Kemudian ada kesenian reog, barongsai dan penampilan lainnya.

Untuk tahun ini kami mengambil tema Kembul Agung Windu Welasan. Tema tersebut memiliki makna makan bersama dalam satu nampan. Sementara untuk Windu adalah sebuah episode periodik delapan tahun dan perhitungan Jawa.

"Kalau Welasan itu perhitungan ke sebelas dalam episode Windu. Welasan sendiri bermakna kelurahan hati," katanya.

Salah seorang warga, Kristina, 35, mengatakan, dirinya ikut memborong buah naga karena harganya murah. "Ya ini dengan kakak membeli lima kilo mumpung harganya murah," ucapnya.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up