Kamis, 26 Apr 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Ekonomi

Jurus Jitu Sri Mulyani Biaya Defisit 2018, Ini Strateginya

| editor : 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Dok. Jawa Pos)

JawaPos.com – Kementerian Keuangan mencatat realisasi pembiayaan dalam APBNP 2017 hingga 30 Desember 2017   mencapai Rp 364,5 triliun atau 91,8 persen dari target sebesar Rp 397,2 triliun.

Menkeu Sri Mulyani Indrawati mengatakan, realisasi pembiayaan tersebut menyesuaikan dengan kebutuhan. Berdasar realisasi tersebut, defisit APBNP 2017 ini bisa ditekan di angka 2,57 persen dari produk domestik bruto (PDB). Meski demikian, defisit tersebut lebih tinggi jika dibandingkan dengan realisasi tahun sebelumnya yang sebesar 2,49 persen terhadap PDB.

Tahun ini pemerintah mematok target defisit di angka 2,19 persen dari PDB atau jauh lebih rendah dari realisasi APBNP tahun lalu.

Sementara itu, pembiayaan anggaran direncanakan sebesar Rp 325,9 triliun. Target tersebut juga lebih rendah bila dibandingkan dengan realisasi pembiayaan tahun 2017.

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu mengungkapkan, pihaknya akan menerbitkan surat utang. Penerbitannya bergantung pembiayaan yang diperlukan. Sejauh ini, pihaknya telah memiliki jadwal untuk penerbitan surat utang dalam negeri.

”Yang kita perkuat selama ini issuance (penerbitan) dari surat utang kita di dalam negeri. Artinya, investor kita adalah kita sendiri, masyarakat sendiri,” ujarnya.

Menurut dia, investor domestik tidak terlalu peduli suku bunga di Amerika Serikat naik. ”Ya, mereka tetap invesnya di sini. Jadi, itu yang akan kita perkuat,” ujarnya.

Untuk memperkuat basis investor, menurut Sri Mulyani, yang terpenting bagi pemerintah adalah terus membangun reputasi yang baik sehingga Indonesia bisa dipandang sebagai negara berkembang dengan fondasi ekonomi yang kuat.

”Sehingga pada saat sentimen sedang goyah gara-gara ada policy di negara maju, Indonesia bisa tetap memiliki persepsi yang stabil,” tuturnya. 

(ken/c10/sof)

Sponsored Content

loading...
 TOP