Minggu, 21 Jan 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Teknologi

PostgreSQL Punya Peluang Kuat Solusi Manajemen Sistem Database

| editor : 

PostgreSQL

PostgreSQL (techreceptives.com)

JawaPos.com – Ajang tahunan PostgreSQL Conference ASIA 2017 (PGConf.ASIA 2017) digelar di Akihabara Convention Hall, Tokyo, Jepang awal bulal ini. Konferensi internasional tersebut mempertemukan para pengguna, pengembang, dan ahli PostgreSQL. Mereka memaparkan jajaran fitur baru PostgreSQL 10, studi kasus, kisah sukses, dan praktik terbaik saat menggunakan PostgreSQL sebagai sistem manajemen database open source.

PGConf.ASIA 2017 menampilkan beberapa kisah sukses pengimplementasian PostgreSQL di lingkungan bisnis. Salah satunya Andy Fefelov, seorang arsitek database dari Rusia yang mengembangkan platform database Business Intelligence (BI) untuk kelompok perusahaan farmasi di Irlandia. Dia mengungkapkan bahwa fitur-fitur PostgreSQL seperti replikasi logikal, ETL, ELT, paralelisme hingga server khusus DDM membantunya mencapai tujuan untuk mengoptimalkan kebijakan pembelian dan upaya pemasaran.

Kemudian NTT Data Corporation merupakan perusahaan yang telah sukses mengimplementasikan PostgreSQL. Ayumi Ishii, insinyur PostgreSQL di NTT Data Corporation mengungkapkan bahwa fitur parallel query di PostgreSQL telah meningkatkan fungsi Data Warehouse (DWH). Dia memberikan dukungan teknis untuk proyek database besar di bidang kesehatan, sektor publik, manufaktur, dan ritel. Menurutnya, penggunaan Block Range Index (BRIN) akan meningkatka performa Data Warehouse.

Seiring perkembangan positif PostgreSQL, para perusahaan di balik inisiatif manajemen data open source juga semakin matang. Salah satu perusahaan tersebut adalah PT. Equnix Business Solutions yang turut hadir pada PGConf.ASIA 2017.

CEO PT. Equnix Business Solutions Julyanto Sutandang mengungkapkan, masyarakat bisnis Indonesia telah siap mengadopsi PostgreSQL dengan lebih mendalam. Indonesia membutuhkan open source untuk memperkuat perekonomian, menghemat biaya, dan menjamin integritas data serta keamanan.

“Pasar Indonesia kini lebih membuka diri terhadap platform dan solusi database open source dalam bisnis yang merupakan peluang bagus untuk produk database open source seperti PostgreSQL,” ujarnya saat menyampaikan keynote di depan para peserta PGConf.ASIA 2017, sebagaimana dalam keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com, Minggu (24/12).

Julyanto mengklaim bahwa Equnix berkontribusi sebagai penyedia layanan professional maintenance PostgreSQL terbanyak di Indonesia pada beragam sektor eksklusif seperti perbankan, finansial, industri, dan lainnya. “Mereka telah memahami performa tinggi PostgreSQL sebagai sistem database,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Equnix hadir memperkenalkan budaya Indonesia dengan memberikan penutup kepala tradisional suku Jawa yakni blangkon kepada para peserta konferensi. Melalui blangkon tersebut, Equnix ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia kini memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap ORDBMS open source dan masuk ke dalam jajaran negara-negara yang terlebih dahulu mengaplikasikan sistem database PostgreSQL seperti Amerika Serikat dan Jepang.

PGConf memiliki skala lebih besar dibandingkan dengan ajang PostgreSQL lainnya yakni PGDay. PGConf dihadiri oleh peserta dari seluruh dunia, tidak hanya Asia tapi juga Rusia, Eropa, AS, dan banyak lainnya.

(fab/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP