Kamis, 26 Apr 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Internasional

Nekat, Dokter Tulis Namanya di Hati Dua Pasiennya

| editor : 

Ilustrasi Dokter

Ilustrasi Dokter (AFP)

JawaPos.com - Seorang ahli bedah di Inggris mengaku menuliskan namanya di hati kedua orang pasien yang melakukan transplantasi hati di rumah sakit. Ia melakukannya ketika rekannya sedang tidak melihat ke arah pasien.

Dokter Spesialis Bedah Simon Bramhall mengaku bersalah atas kelakuannya. Tapi ia tidak bersalah atas gangguan yang menyebabkan kerusakan fisik. Aksi nekat itu ia lakukan di Rumah Sakit Queen Elizabeth Birmingham.

"Ini bukan insiden yang tidak disengaja sebab ia melakukannya dua kali. Butuh konsentrasi dan keterampilan luar biasa untuk melakukannya, apalagi dilakukan di hadapan rekan kerja," kata Jaksa Tony Badenoch seperti dilansir Inquirer beberapa hari lalu.

Menurut Tony, kejadian ini sangat rumit dan sangat tidak biasa. Ini kasus yang aneh.

Elizabeth Reid dari Crown Prosecution Service menyatakan, Simon Bramhall adalah seorang ahli bedah yang sangat dihormati. Namun ia malah melakukan itu terhadap dua pasien sekaligus.

Ini, ujar Reid, tindakan yang disengaja dan ilegal. Sikapnya salah tidak hanya secara etis tapi juga sudah termasuk melakukan tindakan kriminal.

"Ini adalah penyalahgunaan kepercayaan yang diberikan kepadanya oleh pasien," kata Reid.

Bramhall yang berusia 53 tahun itu dipastikan akan dijatuhi hukuman pada 12 Januari mendatang. Sikapnya tidak pantas dan tidak boleh ditiru.

(ce1/iml/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP