Kamis, 18 Jan 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Internasional

India tak Peduli Yerusalem Jadi Ibu Kota Israel

| editor : 

Palestina

Palestina (Reuters)

JawaPos.com - Tanggapan India terhadap pengakuan Amerika Serikat (AS) atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel menimbulkan reaksi beragam. India dinilai tak terlalu peduli dengan nasib Yerusalem.

Selama puluhan tahun New Delhi mendukung kemerdekaan Palestina. Namun sikap tersebut berubah setelah hubungan India dan Israel makin erat.

"Posisi India terhadap Palestina bersifat independen dan konsisten, yang dibentuk oleh pandangan dan kepentingan kita. Tidak ditentukan oleh pihak ketiga mana pun," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri India, Raveesh Kumar, Kamis lalu.

Para kritikus mengatakan, India posisinya  tidak jelas mengenai Yerusalem. India seharusnya memberikan reaksi yang lebih keras terhadap langkah Presiden AS Donald Trump mengumumkan Yerusalem Ibu Kota Israel.

"Respons yang lebih kuat akan menempatkan posisi India. Bagaimanapun, India perlu meminta dibuat solusi dua negara dengan Yerusalem Timur sebagai Ibu Kota Palestina," kata Analis senior di Observer Research Foundation, Manoj Joshi seperti dilansir Al Jazeera, Selasa, (12/12).

Pada dekade sebelumnya saat Partai Kongres tengah berkuasa, solidaritas terhadap Palestina merupakan bagian integral dari kebijakan luar negeri India.

Profesor di Universitas Jawaharlal Nehru Nivedita Menon mengatakan, komentar pemerintah mengenai Palestina menunjukkan dengan jelas perubahan sikap India terhadap Palestina.

"Tidak mengherankan jika India sekarang tidak akan mengatakan apapun terhadap Israel karena ada ikatan yang sedang dibangun di antara keduanya. Kedekatan pemerintah India saat ini dengan Israel juga disatukan oleh Islamofobia yang sangat jelas dari kedua rezim tersebut. Itu terlihat sangat jelas," ujar Menon.

Selama ini, lanjut Menon, India selalu menyatakan solidaritasnya terhadap Palestina. India selalu menentang pendudukan Israel di Palestina. Rakyat India yang demokratis masih mendukung Palestina, namun Pemerintah India sikapnya jelas berubah terhadap Palestina.

(ce1/met/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP