Sabtu, 16 Dec 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
JPG Today

Pilgub Jatim 2018

Koalisi Poros Tengah Keropos, PKS Ikut Gerbong Gus Ipul-Azwar Anas

| editor : 

Pilgub Jatim 2018

Pilgub Jatim 2018 (dok. JawaPos.com)

JawaPos.com- Koalisi poros tengah pada Pilgub Jatim 2018 tinggal menyisakan Partai Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN). Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang selama ini santer dikabarkan ikut masuk di dalamnya, ternyata mengambil sikap untuk tidak ikut memunculkan nama pasangan calon (paslon) baru.

PKS dipastikan akan masuk ke dalam gerbong Syaifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas. Kepastian tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI dari fraksi PKS Sigit Sosiantomo selepas melakukan inspeksi kesiapan kereta api di Stasiun Surabaya Pasar Turi, Kamis siang (7/12).

Saat ditanya wartawan soal sikap PKS pada Pilgub Jatim tahun depan, Sigit sempat tertawa sejenak. Dia lalu menjawab dengan tegas. "Sudahlah, jadi kami sudah mendukung Gus Ipul," tegas pria yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Wilayah Dakwah Jatijaya DPP PKS tersebut.

Sigit bahkan mengatakan, sebelum rekomendasi dari PKB dan PDIP turun, PKS sudah mengambil sikap untuk mendukung Gus Ipul-Anas.

Pada perhelatan Pilgub sebelumnya, PKS mendukung Pakde Karwo sebagai Gubernur Jatim. Itu termasuk satu paket dengan Gus Ipul. "Waktu itu kan sama Gus Ipul, sekarang ini kan kelanjutan lagi. Sudah nggak ada perubahan. Sudah ok, sudah resmi (dukung Gus Ipul-Anas, Red)," tambahnya.

Terkait dengan surat resmi PKS terhadap pengusungan Gus Ipul-Anas, Sigit menyatakan bahwa hal itu gampang untuk dilakukan. Yang terpenting, seluruh kader PKS di Jatim setuju untuk ikut mendukung Gus Ipul-Anas. "Surat gampang. Kalau di PKS (surat) itu nggak repot-repot," lanjut Sigit.

Disinggung soal poros baru atau poros tengah, Sigit menegaskan bahwa itu tidak masuk dalam rencana PKS. Pasalnya, koalisi tersebut sampai sekarang tidak punya sosok yang akan diusung. "Nggak ada poros baru, karena nggak jelas siapa yang mau didukung. Siapa coba yang didukung? Kami pakai yang lama saja," ujarnya balik bertanya kepada wartawan.

Dikonfirmasi JawaPos.com melalui telepon, Kamis malam (7/12), Ketua DPW PKS Jatim Arif Hari Setiawan membenarkan bahwa pihaknya memang mengajukan nama Gus Ipul kepada pengurus DPP. Pengurus DPW telah melakukan konsolidasi terkait pengusungan tersebut. "Kami lakukan penjaringan lalu laporkan ke DPP. Ya memang Gus Ipul rekomendasinya," tegasnya singkat.

Dengan sikap PKS tersebut, koalisi poros tengah dipastikan keropos. Sampai saat ini, Gerindra dan PAN masih belum memastikan kepada siapa dukungannya pada Pilgub tahun depan.

(did/ce1/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP