Sabtu, 16 Dec 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Event

Syahdu, Acara Kamisan ke-517 Dihadiri Sejumlah Musisi Tanah Air

| editor : 

Acara Kamisan ke-517 yang dihadiri oleh sejumlah musisi Tanah Air

Komika Arie Keriting saat hadiri acara Kamisan di depan Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (7/12). (Yuliani NN/JawaPos.com)

JawaPos.com- Ada yang berbeda dari aksi kamisan ke-517 di depan Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (7/12) ini. Acara yang sesuai namanya dihelat setiap hari kamis mulai pukul 15.00 WIB tersebut, dihadiri oleh segenap aktivis pembela Hak Asasi Manusia (HAM) dari berbagai kalangan musisi.

Beberapa musisi tersebut diantaranya, Melanie Soebono, Danilla Riyadi, Glenn Fredly, Pandai Besi, dan Ananda Badudu. Komika Arie keriting pun turut hadir untuk menyampaikan suaranya, lengkap dengan kaos kamisan berwarna hitam.

Arie berorasi menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena telah membangun infrastruktur di wilayah timur Indonesia. Tetapi, ia menegaskan bahwa nyawa dan darah tidak bisa diganti dengan jalan dan jembatan.

"Dosa-dosa masa lalu tidak bisa dihilangkan. Semoga pak Jokowi punya nyali untuk menemui kami di sini dan menjawab bagaimana menyelesaikan kasus-kasus HAM yang terjadi," teriaknya.

Selain Arie, musisi Melanie dan Glenn juga menyuarakan kepedulian dan keresahan mereka akan kasus pelanggaran HAM melalui lagu 'Darah Juang' dan 'Terang'. Layaknya kena sihir, nyanyian keduanya membuat simpatisan yang hadir turut bernyanyi tanpa peduli cuaca mendung dan gerimis mulai turun di depan Istana Merdeka.

Suasana semakin syahdu ketika diakhir lagu Glenn mengingatkan kembali kepada simpatisan bahwa aksi kamisan adalah perjuangan bersama terhadap hak asasi manusia.

"Generasi hari ini tidak boleh diwarisi dendam. Generasi ini harus jadi teladan. Aksi simpatik kamisan ini jadi perjuangan kita sama-sama. Kita di sini memperjuangkan hal yang sama, yang berperikemanusiaan," tegas Glenn.

Acara yang digelar untuk mengingatkan kasus-kasus pelanggaran HAM yang bertepatan dengan ulang tahun Munir tersebut semakin ramai dan menarik perhatian warganet semakin sore. Kali ini, bukan hanya mahasiswa yang meramaikan, melainkan segenap artis, warga Jakarta, dan awak media.

(yln/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP