Rabu, 17 Jan 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
JPG Today

Turun Gunung, Kejari di Malang Kawal Penyaluran Bantuan Hortikultura

| editor : 

Pertanian Holtikultura

Kepala DTPHP, Nasri Abdul Wahid. (Tika Hapsari/JawaPos.com)

JawaPos.com - Penyaluran bantuan pertanian dan hortikultura di Kabupaten Malang semakin ketat. Hal ini karena, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) juga melibatkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepanjen dalam mengamankan bantuan kepada petani hortikultura.

Keterlibatan Kejari terhadap penyerahan bantuan kepada petani tersebut terlihat sewaktu turunnya bantuan dari Kementerian Pertanian kepada 26 Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) pada Selasa (5/12) lalu.

Kepala Dinas TPHP Kabupaten Malang Nasri Abdul Wahid menjelaskan, keterlibatan Kejari dalam penyaluran bantuan pertanian dan hortikultura tersebut merupakan upaya serius untuk mengawal berbagai bantuan dari pusat.

Dirinya berharap, nantinya bantuan yang disalurkan kepada para petani tepat sasaran dan tidak ada lagi cerita penyimpangan bantuan yang beredar di masyarakat. "Ini langkah strategis kami dalam persoalan ini," kata mantan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Malang ini, Rabu (6/11).

Nasri menjelaskan, dalam pengawalan berbagai bantuan tersebut nantinya pihak Kejari tidak hanya menyaksikan penyerahan secara simbolis saja. Melainkan ikut mengawal berbagai paket bantuan hingga lokasi tujuan. "Jadi bersama-sama mengawalnya. Pokoknya kami tutup setiap lubang yang membuat bantuan tidak tepat sasaran maupun adanya pengurangan jumlah bantuan," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Kejari Kepanjen Parman mengatakan, keterlibatan pihaknya dalam penyaluran bantuan pertanian kepada petani merupakan bagian dari tupoksi. "Dalam hal ini turut mencegah jangan sampai ada penyimpangan bantuan," kata dia.

Kejari, selain menangani kasus-kasus pidana, juga memiliki tugas untuk menjalankan pendampingan hukum kepada Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD), BUMN, dan BUMD.

Parman juga menambahkan dalam kerjasama dengan Dinas TPHP Kabupaten Malang salah satu dukungan yang diberikan yaitu dengan mengawal pendistribusian bantuan hortikultura agar sesuai aturan yang ditetapkan. "Agar seluruh bantuan dari pemerintah bisa sampai di tujuan. Saya rasa, semua instansi ingin berbuat yang terbaik," pungkasnya.

(tik/ce1/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP