Sabtu, 16 Dec 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Infotainment

Fans Minta Keadilan Penyelenggara Mnet Asian Music Awards 2017

| editor : 

MAMA 2017, EXO

REKOR: EXO memecahkan rekor sebagai peraih grand prize terbanyak Mnet Asian Music Awards (MAMA). (Mnet)

JawaPos.com - Lebih dari 10 ribu penonton berada di AsiaWorld-Expo Arena, Hongkong, pada Jumat malam (1/12). Mereka menghadiri acara puncak Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2017. Ini merupakan tahun kelima Hongkong menjadi tuan rumah.

Namun, untuk kali pertama, tahun ini MAMA diselenggarakan selama empat hari di tiga kota berbeda. Sebelumnya, acara dilangsungkan di Ho Chi Minh City, Vietnam (25/11), Yokohama, Jepang (29/11), dan Hongkong (30/11 dan 1/12). Selain kemeriahan dan sukacita pemenang, acara ini diwarnai kontroversi.

Salah satunya mengenai hasil pemenang. Fans merasa tidak puas dengan sistem voting MAMA. Nama pemenang berbeda dengan hasil perolehan suara.

MAMA 2017, BTS

SUKSES: BTS saat menerima penghargaan MAMA 2017 Jumat (1/12) malam di Hongkong. (Soompi)

Misalnya voting Best New Female Artist. PRISTIN membawa pulang penghargaan tersebut. Padahal, Kim Chung-ha memimpin perolehan suara dengan 26,6 juta pemilih, sedangkan PRISTIN berada di posisi kedua dengan suara kurang dari 20 juta.

Kemenangan Seventeen sebagai Best Male Group Dance Performance juga dipertanyakan. Sebab, mereka hanya meraih 2,2 juta suara. Padahal, EXO dan BTS punya suara lebih dari 30 juta dalam kategori itu.

Bahkan, G-Dragon dan IU tidak mendapat award sama sekali meski mendominasi chart pada 2017 ini dan mendapat vote tertinggi di kategori masing-masing. Fans membuat tagar #reevaluationrequest_MAMA untuk meminta keadilan.

Belum ada rilis resmi dari CJ E&M sebagai penyelenggara. Bulan lalu mereka pernah memberikan sedikit penjelasan bahwa pemenang tidak hanya ditentukan voting. Ada juga penilaian dari juri mengingat tahun-tahun sebelumnya ditemukan beberapa kecurangan dalam voting.

Berapa persentasenya tidak diungkapkan. Fans pun menduga porsi voting dan juri mungkin hanya sepersekian. Yang terbesar adalah putusan panitia sendiri.

Dalam acara itu, EXO sendiri menerima piala grand prize kategori Album of the Year, lagi, lagi, dan lagi. Itu berarti selama lima tahun terakhir mulai 2013, gelar tersebut tak berpindah sekali pun dari grup pemilik hit Ko Ko Bop itu.

Dengan kemenangan tersebut, mereka telah mengumpulkan enam grand prize MAMA. EXO pun berhasil memecahkan rekor mereka sendiri di Guinness World Record sebagai pemilik grand prize terbanyak MAMA.

Sementara, 2017 memang tahunnya BTS. Boyband pemilik album Love Yourself: Her itu menerima penghargaan grand prize Artist of the Year. Ini adalah kemenangan kedua setelah MAMA tahun lalu mereka mencatat prestasi yang sama.

”ARMY (sebutan fans BTS, Red)! Kami mencintaimu!” teriak Rap Monster saat menerima trofi bersama enam member lainnya.

BTS juga mendapat dua penghargaan lain. Yakni, Best Music Video untuk klip Spring Day dan Best Asian Style in Hong Kong. Capaian tersebut menambah catatan panjang prestasi BTS tahun ini. Sebelumnya, mereka mendapat predikat Top Social Artist dalam Billboard Music Awards 2017. Juga, menjadi grup K-pop pertama yang tampil di American Music Awards 2017.(*) 

(adn/c16/ayi/ce1)

Sponsored Content

loading...
 TOP