Sabtu, 16 Dec 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Infotainment

Demian Bisa Dijerat Pasal Kelalaian, Ancamannya Lima Tahun Penjara

| editor : 

Aksi The Death Drop Demian Aditya

DI BALIK ILUSIONIS: Edison Wardhana (dua dari kanan) mengunggah foto bersama Demian Aditya dan tim yang lain setelah menyelesaikan show mereka di Tiongkok pertengahan bulan lalu. (INSTAGRAM EDISON WARDHANA)

JawaPos.com - Aksi yang ditampilkan ilusionis Demian Aditya dalam acara SCTV Awards Rabu malam (29/11) berujung celaka. Sebetulnya, aksi The Death Drop itu pernah dilakukan dalam ajang America’s Got Talent dan gagal.

Demian ingin menebus kesalahan tersebut. Dia kembali menampilkannya dalam acara yang disiarkan live dari Studio 6 Emtek City, Jakarta Barat, itu. ’’Permainan yg selalu menghantui gw selama ini. #fingercross,” tulis Demian sebagai caption promo aksinya tersebut.

Dalam aksi itu, tubuh Demian dimasukkan ke peti yang tergantung di atas. Dalam waktu singkat, dia harus meloloskan diri sebelum peti meluncur ke bawah dan mengenai tombak. Demian memang lolos. Namun, ketika peti meluncur ke bawah dan menghunjam tombak, masih ada orang di dalam peti. Dia adalah Edison Wardhana, stuntman Demian.

Grafis kronologi aksi The Death Drop Demian Aditya.

Kronologi aksi The Death Drop. (Grafis Jawa Pos)

Edison dilarikan ke RS Royal Taruma yang tak jauh dari venue. Dia dikabarkan mengalami patah tulang rusuk dan tusukan yang mengenai paru-paru. Saat Jawa Pos mendatangi ruang ICCU kemarin sore, penjagaan sangat ketat.

Tiga sekuriti berjaga di depan lift dan menanyai siapa saja yang datang. Keluarga serta kerabat Edison terlihat di ruang tunggu ruang ICCU dan ICU termasuk sang istri, Ayuh Dyah Utami, yang sedang hamil.

Namun, dia belum bersedia memberikan penjelasan. Seorang perempuan yang mengaku tante Edison kemudian berkomentar, ”Mohon pengertiannya. Kami belum bisa memberikan informasi mengenai kondisinya (Edison).”

Sachiana, putri Edison, mengunggah foto bersama sang ayah dengan caption menyentuh. ”Speedy recovery dad @edison_wardhana be strong, I know you can go through thus coz you’re the strongest person that i know... I love you”.

Komentar dan doa para sahabat Edison juga banyak beredar di media sosial. ”Semua doa untuk saudaraku Edison Wardhana. Tetap kuat bro, dan segera sehat,” tulis Wijaya Saputra, kekasih Agnez Mo, di Instastory-nya.

Hingga saat ini, pihak Demian belum bisa dihubungi terkait insiden tersebut. Pun dengan SCTV. Sementara itu, Deddy Corbuzier mengunggah video tanggapan di akun YouTube. Video tersebut dibuat Deddy setelah banyak dimintai komentar.

”Yang sebenarnya terjadi, bermain sulap itu bahaya. Itulah mengapa, setiap kali saya bermain sulap, dari dulu, safety comes first. Lebih baik efeknya tidak sebaik itu, tapi selamat semuanya. Jadi, kalau Anda pemain sulap baru ataupun senior, remember, safety comes first,” ujarnya.

Dalam keterangan di posting-an YouTube, Deddy menulis bahwa Demian merupakan salah seorang murid terbaik yang pernah belajar secara langsung dengannya. ”Kita doakan yang terbaik dan belajar dari semua kesalahan yang ada,” tulisnya.

Sementara itu Kabidhumas Polda Metro Jaya Kombespol Raden Prabowo Argo Yuwono mengungkapkan, pihaknya belum menerima aduan terkait insiden itu. Dia mengatakan, kepolisian tidak bisa menyelidik kasus tersebut jika tidak ada laporan.

Dia tidak bisa berkomentar banyak mengenai insiden itu. Termasuk apakah ada unsur kelalaian. Polisi yang pernah menjabat Kabidhumas Polda Jawa Timur itu mengharapkan segera ada laporan yang masuk mengenai insiden tersebut. ’’Setelah itu, baru pihak kepolisian bertindak,’’ katanya tadi malam.

Lantas, siapa yang bisa melaporkan insiden itu? Mantan Kapolres Nunukan, Kaltim, itu menyatakan bahwa lebih baik pihak korban yang melapor. Misalnya, kerabat dari korban. Kepolisian bakal menunggu adanya laporan tersebut.

Jika benar ada unsur kelalaian, Demian terancam dijerat dengan pasal 359 KUHP. Dalam pasal itu dijelaskan, siapa saja yang melakukan sesuatu, lalu lalai, dan mengakibatkan kematian terancam pidana kurungan maksimal lima tahun. (*)

(nor/sam/c18/ayi/ce1)

Sponsored Content

loading...
 TOP