Senin, 11 Dec 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Metropolitan

Pekan Depan, Penyidik Serahkan Berkas Jonru Ginting ke Kejati DKI

| editor : 

Jonru Ginting

Jonru Ginting (Istimewa)

JawaPos.com - Penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya segera melimpahkan berkas tersangka ujaran kebencian Jonru Ginting ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI. Hal itu setelah Hakim Tunggal Lenny Wati Mulasimadhi menolak praperadilan yang diajukan Jonru Ginting di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (21/11) lalu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono menuturkan, praperadilan Jonru tidak dikabulkan oleh majelis hakim, penyidik akan segera menyeret Jonru ke meja hijau.

"Mungkin minggu depan ya (berkas dilimpahkan)," kata Argo, Jumat (24/11).

Namun, mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur itu belum bisa memastikan kapan penyidik akan melimpahkan berkas Jonru ke Kejati DKI. "Sekarang sudah mau selesai kok, tenang saja," ucap Argo.

Argo mengungkapkan, saat ini penyidik tengah membereskan berkas perkara ujaran kebencian yang dilakukan oleh pegiat media sosial Jonru Ginting. Hal itu dilakukan agar semua berita acara pemeriksaan (BAP) dinyatakan lengkap atau P21 oleh kejaksaan.

"Semua sudah beres. Cuma, harus di periksa ulang kan. Dibaca lagi, jadi tidak bisa terburu-buru," ungkap mantan Kapolres Nunukan Polda Kaltim.

Jonru dijerat dengan pasal berlapis. Diantaranya, Pasal 28 Ayat 2 jo Pasal 45 Ayat 2 Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, dan Pasal 156 KUHP tentang Penghinaan terhadap Suatu Golongan Tertentu. Jonru terancam hukuman 16 tahun penjara

(cr5/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP