Minggu, 17 Dec 2017
Logo JawaPos.com
Internasional

Presiden Berjanji untuk Mencari Kebenaran dari Hilangnya San Juan

| editor : 

Kapal Selam AL Argentina ARA San Juan hilang.

KUKUH: Presiden Argentina Mauricio Macri (tengah) dan Menteri Pertahanan Oscar Aguad (kiri) menyampaikan sebuah konferensi pers di markas angkatan laut di Buenos Aires, Argentina, Jumat (24/11). (EPA)

JawaPos.com - Presiden Argentina Mauricio Macri berjanji untuk terus melakukan penyelidikan atas hilangnya kapal selam ARA San Juan dan mengetahui kebenaran dari insiden tersebut.

Macri pun memohon agar warga Argentina untuk tidak mencari kambing hitam sampai semua fakta diketahui. Dia juga menegaskan kalau pencarian ARA San Juan dan 44 awaknya akan terus berlanjut.

Harapan tentang nasib San Juan dan awaknya memang telah pudar sejak Angkatan Laut (AL) Argentina mengatakan kalau sudah terjadi ledakan yang terdeteksi di dekat lokasi terakhir kapal selam itu melaporkan keberadaan mereka/

Mengumumkan penyelidikan resmi di markas AL di Buenos Aires, Macri mengatakan bahwa kapal selam berusia 34 tahun tersebut baru saja mengalami reparasi dan dalam kondisi sempurna. ”Kita seharusnya tidak perlu mencari orang untuk disalahkan,” katanya dalam sebuah konferensi pers.

”Ini akan membutuhkan investigasi serius yang mendalam demi mengungkapkan kepastian mengapa semua ini terjadi. Komitmen saya adalah kebenaran.” katanya.

Dilanjutkan Macri, mereka memiliki sumber daya angkatan laut, udara dan sensor terbaik yang ada di wilayah. ”Semuanya berfokus untuk mencari kapal selam.Kami masih mencari dan tidak ada negara yang mengatakan akan berhenti. Logikanya terbatas waktu tapi kami tidak menyerah,” tegasnya.

Sebelumnya, juru bicara AL, Kapten Enrique Baldi mengatakan masih belum ada jejak kapal selam yang lenyap sembilan hari yang lalu. Padahal, sudah lebih dari 12 negara terlibat dalam pencarian.(*)

(tia/AFP/BBC/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP