Kamis, 14 Dec 2017
Logo JawaPos.com
Internasional

Siapakah Para Sufi yang Terkait dengan Masjid yang Diserang Di Mesir?

| editor : 

Masjid Ar-Raudhah, Markaz Bir El-Abd, kota El-Arish, Sinai Utara.

KORBAN: Masjid Ar-Raudhah, Markaz Bir El-Abd, kota El-Arish, Sinai Utara, yang mendapat teror mematikan. (STRINGER/AFP)

JawaPos.com - Masjid dimana terjadi pembantaian di Semenanjung Sinai, Mesir, telah dikaitkan secara luas dengan Muslim Sufi yang telah diserang oleh kelompok Islam di mana pun para ekstremis beroperasi.

Seorang pemimpin suku Badui mengatakan kepada AFP bahwa masjid Ar-Raudhah, sekitar 40 kilometer barat ibukota Sinai Utara, El-Arish, dikenal sebagai masjid sufi dan berisi zawiya, sebuah pondok yang digunakan oleh mistikus untuk salat dan pertemuan.

ISIS adalah tersangka utama dalam serangan tersebut namun mereka belum mengaku bertanggung jawab. Sehingga tidak dapat dikatakan dengan pasti bahwa masjid tersebut menjadi sasaran karena koneksi sufi.

Tapi ISIS telah menargetkan Sufi di Mesir di masa lalu. Tahun lalu, para jihadis menculik dan memancung seorang pemimpin senior Sufi dan menuduhnya mempraktikkan ilmu sihir.

Di tempat lain, ISIS telah mengklaim bahwa serangan telah membunuh puluhan Sufi, terutama di Pakistan. Jika masjid diserang karena koneksi Sufi, pembantaian tersebut akan sesuai dengan niat ISIS di Mesir yang semakin berfokus pada sasaran sipil. Serangan ini pun dianggap membuat kemajuan dalam pemberontakan Sinai.

Militan seperti ISIS menanggung kebencian institusional untuk para Sufi pada khususnya. Mereka mematuhi versi Salita yang lebih ekstrem yang dipraktekkan di Arab Saudi yang memandang Sufi sebagai orang-orang yang sesat.

Kepala Al-Azhar, otoritas Islam terkemuka Mesir, adalah seorang Sufi, sebagaimana juga banyak ulama top di dunia Muslim.(*)

kuti trending topic ledakan bom di Mesir melalui tautan berikut ini:
- Bom Meledak di Masjid Ar-Raudhah Mesir

(tia/AFP/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP