Senin, 11 Dec 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Politik

J Kristiadi Sebut Airlangga Layak Gantikan Novanto, Ini Alasannya

| editor : 

Airlangga Hartarto

Airlangga Hartarto (Dok. JawaPos.com)

JawaPos.com - Meskipun Setya Novanto menolak dicopot dari jabatannya sebagai Ketua Umum Partai Golkar, tetapi berbagai pihak memprediksi Novanto bakal diganti oleh kader Golkar yang lebih baik. Bahkan, pengganti Setya Novanto sebagai Ketua Umum Partai Golkar dinilai cocok dari kalangan profesional.

Menurut Peneliti Senior Centre for Strategic and International Studies (CSIS), J Kristiadi, sosok profesional yang layak memimpin Partai Golkar adalah Airlangga Hartarto. Sosok Airlangga, kata dia, unggul dari sisi profesionalisme.

Sebab, saat ini, kalangan profesional lebih cocok memimpin Partai Golkar menggantikan posisi Setya Novanto yang berstatus tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP. Menurut dia, Golkar juga jangan dipimpin oleh seorang yang murni politician.

"Airlangga profesional. Dia memang bukan orang politician,” kata J Kristiadi di Jakarta, Jumat (24/11).

Namun, kata dia, bukan berarti tokoh muda Partai Golkar lainnya tidak memiliki peluang. Misalnya, dia menyebut Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Dedi memiliki kapabilitas dan peluang yang sama dengan Airlangga untuk bisa memimpin Partai Golkar.

“Kang Dedi juga kader Golkar di DPD Jawa Barat yang punya pendukung besar. Dia punya potensi yang besar sekali. Keduanya (Airlangga dan Dedi) cocok,” ucapnya.

Meki demikian, J Kristiadi mengaku sudah mengenal lama Menteri Perindustrian tersebut. Dia menyebut Airlangga sosok yang cocok karena aktif melakukan reformasi konstitusi sejak awal di sekitar tahun 90-an.

“Airlangga waktu masih muda, masih di UGM mengorganisir sendiri, ongkos dia juga untuk mereformasi konstitusi. Dan dia pekerja keras,” ucap J Kristiadi.

(yuz/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP