Rabu, 13 Dec 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Hukum & Kriminal

Polri: Wajah Pelaku Penyerangan Novel Didapat dari Saksi SN

| editor : 

Rilis wajah penyiram air keras Novel Baswedan

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Aziz saat memperlihatkan foto terduga pelaku penyiraman air keras terhadap Penyidik KPK Novel Baswedan Jumat (24/11) (Desynta/Jawa Pos.com)

JawaPos.com - Polda Metro Jaya telah merilis wajah pelaku penyerang Penyidik KPK Novel Baswedan. Kemiripannya 90 persen dan dikonfirmasi oleh saksi dengan inisial SN.

"(Wajah pelaku) ini kita dapat dari saksi SN," ujar Kapolda Metro Jaya Idham Aziz saat menggelar konferensi pers di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Jumat (24/11).

Namun, dia tidak menjelaskan secara rinci siapa SN yang dimaksud. Jika dikaitkan dengan perkara korupsi e-KTP, inisial SN disematkan kepada Setya Novanto.

Sementara dia menerangkan, kejelasan wajah pelaku penyiraman air keras terhadap Novel tersebut didapat melalui kerja sama antara Polda yang dibantu Australian Federal Police (AFP) maupun Pusat Inafis Mabes Polri. Dalam proses penyelidikan sendiri, 66 saksi telah diperiksa hingga muncullah gambaran wajah kedua pelaku dari saksi SN.

"Kurang lebih 66 saksi kita periksa. Dari beberapa saksi yang kita lakukan dua, tiga bulan belakangan mengerucutlah pada dua orang yang diduga sebagai pelaku penyiraman terhadap korban," jelas Idham.

Usai konferensi pers, Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, saksi SN yang dimaksud Polda bukanlah Setya Novanto. "Bukan, itu saksi yang diperiksa oleh pihak Polda. Jadi ada tim yang memeriksa saksi tersebut. Jadi orang yang berbeda," jelasnya.

Soal kenapa hanya digunakan inisial untuk saksi tersebut, kata Febri, Polda dalam rapat bersama pimpinan KPK dan jajaran menyampaikan itu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

"Tentu ada kepentingan di proses penyelidikan dan penyidikan di Polda yang membutuhkan proses perlindungan terhadap saksi. Untuk meminimalisasi efek-efek lain karena tim masih berjalan," tukasnya.

Diketahui, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Aziz didampingi Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono menemui pimpinan KPK hari ini. Mereka menyampaikan perkembangan terkait kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan pada Juli lalu.

(dna/ce1/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP