Rabu, 13 Dec 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Sepakbola Indonesia

Kosongkan Surabaya, Hijaukan Bandung

| editor : 

Persebaya Surabaya

TRET TET TET: Ribuan Bonek akan menghijaukan Stadion Gelora Bandung Lautan Api. (Miftakhul F.S/Jawa Pos)

JawaPos.com- Hanya satu laga yang memisahkan Persebaya Surabaya dari sepak bola level tertinggi tanah air. Satu kemenangan dalam semifinal Liga 2 melawan Martapura FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api Sabtu (25/11) akan membuat warga Kota Pahlawan bisa berpesta sampai pagi.

Karena itu, pertandingan melawan Martapura sangat krusial. Bahkan, lebih penting daripada pertandingan final pada 28 November. Nah, dukungan Bonek sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan diri Rendi Irwan dkk.

Tidak heran, seruan untuk kosongkan Surabaya dan lakukan tret-tet-tet ke Bandung terus bergema dalam beberapa hari terakhir. Selain 2 ribu Bonek yang sekarang diperkirakan sudah berada di Bandung, masih ada 8 ribuan Bonek yang akan berangkat.

Persebaya Surabaya

DUKUNG LANGSUNG: Bonek tak mau membiarkan Persebaya berjuang sendiri. Mereka bakal ditemani Bobotoh di Gelora Bandung Lautan Api. (Chandra Satwika/Jawa Pos)

Rombongan tret-tet-tet berangkat Jumat (24/11) ini ke Bandung dengan menggunakan berbagai moda transportasi. Jadi, diperkirakan besok Bandung sudah mulai dihijaukan oleh Bonek. Rata-rata dengan modal Rp 300 ribu sudah bisa ikut rombongan bus untuk biaya pergi-pulang dan tiket pertandingan.

Koordinator Bonek Gresik Doni Vermansyah menjelaskan, komunitasnya dipastikan berangkat Jumat ini pukul 18.00 WIB dengan menggunakan dua bus. Yang ikut 150-an orang dan titik kumpulnya di Boboh, Menganti, Gresik. ’’Sampai Bandung Sabtu pagi, langsung ke stadion untuk beli tiket,’’ bebernya.

Lalu, ada pula Bonek Campus yang berkumpul di beberapa titik berbeda bergantung letak kampus. ’’Saya menyediakan satu unit bus, kumpul di Pasar Turi. Yang terpenting kan tujuannya sama, Stadion GBLA untuk mendukung Persebaya,’’ kata Koordinator Bonek Campus Ujang Ilyas.

Terdapat beberapa titik kumpul yang lain, misalnya di halaman kantor kecamatan Sukolilo, depan Bank Mandiri Menanggal, depan Gedung Graha Pena Surabaya, Giant Diponegoro, dan depan pabrik paku Bungurasih. Titik kumpul dii Sidoarjo, antara lain, di Citra Harmoni dan perempatan Barnawi.

Kemudian, banyak di antara mereka yang menggunakan moda kereta api tidak berangkat dari Surabaya karena kehabisan tiket. Mereka naik bus dahulu ke Jogjakarta, lalu naik kereta api menuju Bandung. ’’Besok (hari ini, Red) berangkat pagi ke Jogja, lalu naik dari Stasiun Lempuyangan malam,’’ kata Eko Firmanul, kru SIVB.

Sementara itu, suporter PSIS juga berencana berangkat memberikan dukungan kepada timnya melawan PSMS Medan. Rencananya, 20 unit bus berangkat malam ini. ’’Kami ingin total mendukung tim kebanggaan, total di semifinal biar masuk ke final,’’ kata Gibson Adityo, anggota Panser alias pendukung PSIS.

Suporter PSMS juga tidak mau kalah. Firman Hutagalung, salah seorang koordinator PFC (PSMS Fans Club) di Jakarta, mengatakan bahwa sekitar 500 orang akan memberikan dukungan langsung kepada PSMS. ’’Yang dari Jakarta baru menuju Bandung pada hari pertandingan,’’ katanya.

Ada pula suporter PSMS yang datang langsung dari Medan. Sebagian di antara mereka sudah tiba di Bandung. Juga ada yang baru tiba besok. Sedangkan, untuk Martapura, lebih banyak mengandalkan mahasiwa asal Kalimantan Selatan yang kuliah di Bandung dan sekitarnya.

(rid/ben/c4/ham)

Sponsored Content

loading...
 TOP