Jumat, 15 Dec 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Hukum & Kriminal

ICW Desak KPK Segera Terapkan Pasal TPPU ke Setya Novanto

| editor : 

Setya Novanto

Setya Novanto saat datang di gedung KPK, Minggu (19/11) malam. (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)

JawaPos.com - Indonesia Coruption Watch (ICW) mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar bisa menjerat Setya Novanto dengan pasal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Pasalnya KPK sejauh ini baru mengenakan pasal pidana korupsi saja.

“Dalam hal ini KPK penting menerapkan pasal TPPU ke Setya Novanto karena patut diduga uang yang masuk ke kekayaan sudah dibelikan barang-barang hasil dari uang e-KTP,” kata peneliti ICW, Donal Fariz di Kantor ICW, Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (21/11).

Donal menyebut pasal itu perlu dikenakan pada Novanto agar aset yang dibelikan dari uang e-KTP bisa terlihat. Selain itu juga agar bisa mengetahui siapa saja yang bermain dalam penggelapan uang itu.

“Dulu di Bali, pengesahan atau launching sebuah pesawat jet yang dikatakan ketua DPD Golkar Bali, pesawat itu miliknya Setya Novanto, namun berita itu segera dibantah oleh SN, meskipun jika terbukti itu bukan milik mantan ketua DPR ini, patut diduga ada uang-uang yang mengalir dalam aset pribadi milik SN,” ungkapnya.

Donald juga menilai kasus yang menimpa Setya Novanto juga mirip dengan tersangka e-KTP lainnya, Andi Narogong. Andi melakukan berbagai transaksi berlapis untuk menyembunyikan aliran uang e-KTP untuk masuk ke kantongnya.

“Andi Narogong melakukan transaksi berlapis yang akhirnya masuk ke kantong pribadi. Soal aset dan orang-orang yang membantu menyamarkan aset,” pungkas dia.

Setya Novanto kembali dijerat KPK dalam kasus dugaan korupsi e-KTP, setelah sebelumnya lolos dari kasus itu. Kini Novanto tengah menjalani penahan atas kasus yang melilitnya, setelah sebelumnya menghilang ketika akan ditangkap penyidik KPK.

(elf/ce1/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP