Senin, 11 Dec 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Sepakbola Indonesia

Delapan Besar Liga 2

Persebaya Tetap Memasang Target Menang

| editor : 

Persebaya Surabaya

TIGA POIN: Persebaya Surabaya tetap menargetkan kemenangan saat bersua Mojokerto Putra di GBLA, Selasa sore (21/11). (Angger Bondan/Jawa Pos)

JawaPos.com - Tiket lolos ke semifinal Liga 2 sudah berada di tangan Persebaya Surabaya. Dengan begitu, klub berjuluk Green Force itu tidak memiliki beban berat dalam laga terakhir grup Y babak 8 besar Liga 2 melawan PS Mojokerto Putra di Stadion Gelora Bandung Lautan Api sore ini (siaran langsung tvOne pukul 15.00 WIB).

Dengan koleksi enam poin melalui kemenangan atas PSIS Semarang (15/11) dan PSPS Riau (18/11), Persebaya telah memastikan lolos sekaligus juara grup Y. Namun, bukan berarti pelatih Persebaya Angel Alfredo Vera tidak serius Selasa sore (21/11) nanti.

Meski melakukan rotasi karena para pemain utama membutuhkan istirahat untuk recovery sebelum semifinal yang direncanakan berlangsung pada 25 November, Alfredo menolak anggapan bahwa timnya tidak serius. Sebab, dalam dua laga terakhir, komposisi pemain Persebaya juga berubah-ubah, tapi tetap bagus secara performa tim. ’’Permainan tetap sama walaupun pemainnya berbeda. Itulah karakter tim kami,’’ kata Alfredo.

Dia enggan menyebut tim yang diturunkan sore nanti adalah tim B ataupun cadangan. Dalam skuadnya, tidak ada penyebutan itu. Semua pemain sama di matanya. ’’Saya akan pasang yang siap bermain. Itu berdasar latihan,’’ jelasnya.

Kendati tidak berpengaruh apa-apa, pelatih asal Argentina itu tetap meminta kemenangan terhadap anak asuhnya. Meminta memanfaatkan banyak peluang untuk mencetak gol dan terus menguasai pertandingan selama 90 menit. ’’Kalau bermain di tim saya, targetnya selalu menang. Tidak peduli berpengaruh hasil di klasemen atau tidak. Sepak bola itu butuh kemenangan untuk jadi lebih baik,’’ tegasnya.

Ya, meski menurunkan pemain berbeda dengan dua laga sebelumnya, secara komposisi mereka bukan cadangan abadi. Misalnya, di posisi kiper ada Dimas Galih. Atau, bek seperti M Syaifuddin dan Rachmat Irianto. Di tengah juga ada Rendi Irwan, Nerius Alom, Thaufan Hidayat, dan Oktafianus Fernando, sedangkan di depan ada Yogi Novrian.

Bagi Rian, sapaan Rachmat Irianto, kalau dimainkan sore nanti, dirinya akan menjalani laga kedua sejak debut untuk Persebaya empat bulan lalu. Selama ini, Rian lebih menghabiskan banyak waktu untuk membela timnas U-19 Indonesia. Kali terakhir dia bermain untuk Persebaya ketika melawan Persatu Tuban pada 6 Juli lalu.

Di sisi lain, PS Mojokerto Putra, yang telah kehilangan peluang lolos, diwakili pelatihnya, Redi Supriyanto, berjanji tetap sportif pada laga sore nanti. Tetap akan menurunkan strategi dan tim terbaik untuk membuktikan bahwa Laskar Mojopahit layak disejajarkan dengan tim elite di Liga 2. ’’Kami ingin berikan yang terbaik untuk masyarakat Mojokerto,’’ katanya.

Untuk pemain, Redi menerangkan, laga melawan Persebaya akan dijadikan ajang penilaian. Ajang untuk melihat siapa pemain yang layak dipertahankan PSMP musim depan. Karena itu, dia yakin anak asuhnya on fire dan membuktikan kualitas ketika bertemu Persebaya sore nanti. ’’Habis-habisan karena mereka semua pasti masih ingin berkostum PSMP musim depan. Saya prediksi akan berjalan seru,’’ paparnya.

(rid/c19/ham/ce1)

Sponsored Content

loading...
 TOP