Jumat, 15 Dec 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Internasional

Video Pipis Sembarangan Viral, Menteri Partai Berkuasa Kena Hujat

| editor : 

Menteri India Ram Shinde.

TIDAK ADA TOILET: Ram Shinde membela diri. (RAM SHINDE/FACEBOOK)

JawaPos.com – Tindakan menteri dari salah satu partai berkuasa di India ini tidak patut dicontoh. Ram Shinde mendapat kritik habis-habisan dari masyarakat India karena melakukan hal yang bertentangan dari kampanye pemerintah. Dia buang air kecil di tempat umum, bukan di toilet.

Video Shinde yang buang air kecil di salah satu bagian lapangan di Maharashtra, India, menyebar dengan cepat. Video itu tersebar saat Hari Toilet Sedunia dan telah dibagikan ribuan kali di media sosial.

Partai oposisi pun menghujat aksi itu dengan mengatakan kalau lawan mengatakan bahwa apa yang dilakukan Shinde adalah bukti kalau kampanye kebersihan yang digaungkan PM Narendra Modi telah gagal total.

Namun Shinde membela diri. Dia mengatakan harus menjawab panggilan alam tersebut karena dia merasa tidak sehat. Juga, dia berdalih tidak dapat menemukan toilet.

Shinde, Menteri Negara untuk Konservasi Air, mengatakan bahwa dia telah melakukan perjalanan selama sebulan terakhir untuk meninjau proyek irigasi ketika dia terperangkap dalam bentangan jalan antara Barshi dan Solapur di barat daya Maharashtra pada Sabtu (19/11).

”Terus-menerus berada di jalan dengan udara panas dan debu membuat saya tidak enak badan. Saya juga menderita demam,” kata Menteri dari Partai Bharatiya Janata (BJP) yang juga menaungi Modi, kepada kantor berita PTI.

Partai oposisi utama Partai Nasionalis (NCP) mengatakan, fakta bahwa menteri tersebut tidak dapat menemukan toilet di jalan utama menunjukkan bahwa pemerintah telah gagal dalam misinya untuk menyediakan toilet di tempat umum.

"Bagaimana mungkin perdana menteri mengharapkan orang untuk mengikuti disiplin saat menteri-menterinya sendiri adalah sekelompok orang yang tidak disiplin?” serang mereka.

Modi meluncurkan kampanye Swachh Bharat (Clean India) secara nasional pada tahun 2014 untuk mempromosikan kebersihan. Dia berjanji pemerintah akan membangun jutaan toilet di seluruh negeri. Namun kritikus mengatakan bahwa skema tersebut tidak banyak berdampak di sebagian besar wilayah India.

Sebuah laporan oleh kelompok amal WaterAid dalam rangka World Toilet Day pada Minggu (20/11) mengatakan bahwa lebih dari 700 juta orang India masih menggunakan toilet yang kotor atau menuntaskan 'panggilan alam' itu di ruang terbuka.(*)

(tia/BBC/ce1/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP