Senin, 11 Dec 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
JPG Today

Musim Hujan Tiba, Harga Cabai dan Bawang Langsung Naik

| editor : 

Ilustrasi

Ilustrasi (Ivan Mardiansyah/Lombok Pos/JawaPos.com)

JawaPos.com - Memasuki musim hujan, harga bawang dan cabai terus mengalami kenaikan di sejumlah pasar. Misalnya, di Cirebon untuk cabai merah yang semula dibanderol Rp 25ribu/kg menjadi Rp35ribu/kg, cabai hijau dari Rp 20 ribu/kg menjadi Rp 25 ribu/kg, dan cabai rawit dari Rp 30 ribu/kg menjadi Rp 40 ribu/kg.

“Musim hujan, harganya pada naik,” tutur Ruslan (37), pedagang sayuran di Pasar Kanoman, Cirebon, kepada Radar Cirebon (Jawa Pos Group).

Harga bawang pun ikut mengalami lonjakan. Bawang merah kini dibanderol Rp 25 ribu/kg dari harga normal Rp 20 ribu/kg. Bawang putih biasa menjadi Rp 28 ribu/kg dari harga normal Rp 20ribu/kg dan bawang putih kating yang semula Rp 30 ribu/kg menjadi Rp 35 ribu/kg.

Tak hanya pada bumbu dapur kenaikan harga dirasakan, namun beberapa komoditas sembako juga mengalami hal serupa. Semula telur ayam dijual Rp 20 ribu/kg kini menjadi Rp 22 ribu/kg, tepung aci yang semula Rp 128 ribu/karung menjadi Rp 140 ribu/karung.

Sementara itu, untuk beberapa sembako lainnya terpantau normal seperti beras dijual mulai Rp 11ribu/kg, gula pasir Rp 12 ribu/kg, minyak curah Rp 12 ribu/kg. “Stok normal, telur saja yang sejak beberapa hari masih naik harganya,” tutur pedagang sembako di Pasar Drajat, Kusmayadi.

Lain dengan sayuran dan sembako, untuk daging harganya relatif stabil. Daging ayam dijual Rp 30 ribu/kg dan daging sapi Rp 120 ribu/kg.

(yuz/jpg/ce1/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP