Rabu, 13 Dec 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Properti

Novanto Punya Harga Rumah Selangit, Berapa Pajaknya?

| editor : 

Rumah Setya Novanto

Suasana rumah Setya Novanto saat didatangi penyidik KPK, Rabu (15/11) malam. (Miftahul Hayat/Jawa Pos)

JawaPos.com - Selain terkenal sebagai politikus yang 'licin', Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto juga terkenal sebagai salah satu konglomerat. Maka tak heran jika Novanto tinggal di sebuah rumah berharga ratusan miliar.

Perlu diketahui, berdasarkan data rumah.com luas rumah Novanto berada di kisaran 1.300 meter persegi (m²). Harga bangunan di kawasan Kebayoran Baru mencapai Rp 70–80 juta per m². Jika dikalkulasi, maka harga rumah Setya Novanto sekitar Rp 154 miliar.

Angka itu tentu fantastis. Bagi sebagian orang, satu rumah Novanto mungkin bisa mereka gunakan untuk menikmati hidup mewah dengan beberapa bisnisnya.

Lalu, berapa sebenarnya pajak dari rumah mewah tersebut ?

Dalam sistem perpajakan di Indonesia, setiap bangunan memiliki nilai pajak. Semua itu disebut sebagai Nilai Jual Objek Pajak (NJOP).

NJOP memiliki besaran nilainya sendiri pada setiap jenis bangunan. Khusus untuk rumah, pajak maksimal yang dikenakan maksimal sebesar 0,5 persen. Setiap pemerintah daerah (Pemda) memberlakukan besarannya berbeda-beda.

"Tiap Pemda beda-beda. Undang-undang (UU) hanya atur tarif max 0,5 persen," kata pengamat perpajakan, Yustinus Prastowo kepada JawaPos.com, Sabtu (18/11).

Dia menambahkan, tarif pajak yang dikenakan untuk rumah Setya Novanto adalah sekitar Rp 15 juta per tahun. Hal itu mengacu dari tarif NJOP yang dikenakan sebesar 0,3 persen dari total harga rumah.

"Setahu saya kalau harga rumah di atas Rp 10 miliar dikenakan pajak 0,3 persen. Berarti sekitar Rp 15 juta," tuturnya.

Meski terlihat kecil, kata Yustinus, nilai pajak tersebut cukup berat bagi kaum menengah ke atas. Meski demikian, diharapakan wajib pajak patuh terhadap kewajibannya.

"Bagi orang kaya kecil, tapi bagi menengah ke atas besar," tandasnya.

(cr4/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP