Sabtu, 16 Dec 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Hukum & Kriminal

Misteri Infus Setya Novanto Terungkap, Ini Penjelasannya Secara Medis

| editor : 

Setya Novanto

MASUK RS LAGI: Setnov saat menjalani perawatan di RS Medika Permata Hijau, Jakarta, (TIM PENGACARA SETYA NOVANTO FOR JAWA POS)

JawaPos.com - Warganet betul-betul detail dalam menyaksikan drama kasus kecelakaan yang dialami Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto.

Saat dilarikan ke RS Medika Permata Hijau, Ketua Umum Partai Golkar itu sempat dirawat inap. Beredar foto Novanto menggunakan jarum infus berwarna kuning. Hal itu mengundang gelak tawa warganet.

Pasalnya celotehan semula diutarakan oleh akun media sosial seorang dokter yang menjelaskan jarum infus warna kuning adalah untuk anak-anak dan bayi. Jarum infus tersebut justru dipakaikan kepada Setya Novanto pria kelahiran tahun 1954.

Jarum infus.

YANG MANA? Jenis-jenis jarum infus. (Dokumentasi media sosial)

Ahli Kesehatan Indonesia di bidang neurologi (ahli saraf) Dr., Mursyid Bustami, Sp.S (K), KIC membenarkan jarum infus warna kuning memang untuk anak-anak. Namun menurutnya, bisa saja atau boleh saja jarum infus berwarna kuning diberikan kepada pasien yang takut jarum.

"Jarum infus banyak ukuran, kalau warna kuning (yang paling kecil) biasanya dipakai untuk bayi dan anak-anak," tegas Direktur Utama Rumah Sakit Pusat Otak Nasional itu kepada JawaPos.com, Sabtu (18/11).

Lalu mengapa Setya Novanto menggunakan jarum infus berwarna kuning? Bisa jadi ini kemungkinannya. "(Jarum infus warna kuning) untuk pasien yang benar-benar tidak tahan nyeri boleh juga dipasang jarum yang kecil," kata Mursyid.

JawaPos.com juga mencoba bertanya kepada Mursyid soal kepala Setya Novanto yang dibalut perban. "Untuk kepala, bila ada luka tentu diperban dan mungkin perlu bebat tekan luka," paparnya.

Sebelumnya seorang dokter lewat akun media sosial menulis soal jarum infus yang digunakan Setya Novanto adalah jarum suntik untuk bayi atau anak-anak. Dia menyarankan agar pihak rumah sakit mengganti jarum infus agar sesuai dengan jarum infus untuk pasien dewasa. (*)

(ika/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP