Jumat, 24 Nov 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Ekonomi

JICA Gelontor Rp 15,2 T ke Pemerintah Indonesia, Ini Peruntukannya

| editor : 

Dirjen  Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko Kemenkeu, Robert Pakpahan bersama Chief Representative JICA Naoki Ando melakukan penandatanganan loan agreement yang disaksikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko Kemenkeu, Robert Pakpahan bersama Chief Representative JICA Naoki Ando melakukan penandatanganan loan agreement yang disaksikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Hana Adi Perdana/JawaPos.com)

JawaPos.com - Japan Internasional Cooperation Agency (JICA) memberikan pinjaman kepada Pemerintah Indonesia untuk mendukung proyek pembangunan pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat dan pembangunan pusat studi di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Total pinjaman dari kedua proyek tersebut senilai JPY 127,215 miliar atau setara Rp 15,2 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan bahwa penandatangan kerja sama pinjaman dilakukan guna mendukung UGM untuk menjadi universitas bertaraf internasional.

"Kerja sama pinjaman ini diperuntukan untuk world classical spirit. Untuk mendukung UGM menjadi universitas bertaraf dunia," ujarnya di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (15/11).

"Bahwa loan yang digunakan loan itu di UGM untuk membangun 10 learning center di UGM," tambahnya.

Sementara itu, pinjaman untuk Pelabuhan Patimban dilakukan dalam mendukung proses industrialisasi di kawasan Jawa Barat.

Melalui keberadaan Pelabuhan Patimban, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini tidak ingin para pengusaha mengeluhkan masalah biaya logistik dan waktu bongkar muat.

"Untuk loan kedua berhubungan dengan Patimban di Subang ini merupakan pusat logistik bertaraf internasional.

Perlu diketahui bahwa industrialisasi di Jawa barat berkembang begitu cepat.
Logistik yang bersifat internasional ini untuk mendukung proses industrialisasi tetap kompetitif dan produktif. Tidak terbebani logistik dan transportasi," tandasnya.

(cr4/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP