Senin, 20 Nov 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Hukum & Kriminal

Wapres Jusuf Kalla Sarankan Novanto Taat Hukum dan Tidak Mengada-ada

| editor : 

Jusuf Kalla

Wapres Jusuf Kalla (JUNEKA SUBAIHUL MUFID/ Jawa Pos)

JawaPos.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyarankan Ketua DPR Setya Novanto agar menjalani proses hukum yang berjalan. Serta tidak mencari-cari alasan untuk menghindar dari panggilan penyidik KPK.

"Ya semua kita ini harus taat hukum lah, jangan mengada-ada aja," ujar dia usai meresmikan fasilitas Iradiator Gamma Merah Putih (IGMP) milik Batan, Rabu (15/11). Pernyataan JK ini menanggapi tentang ketidakhadiran Novanto yang dipanggil dengan status tersangka.

Termasuk pula alasan yang pernah diungkapkan pihak Novanto perihal ketidakhadirannya ke KPK bahwa dia bersikeras pemanggilan KPK padanya harus dapat izin dari presiden sebelum memeriksanya. JK sebelumnya juga sudah memastikan bahwa tidak perlu izin presiden untuk memeriksa anggota DPR yang disangka korupsi. Saat ditanya lagi tentang izin presiden itu dia pun enggan menanggapi.

"Kan sudah banyak dibahas itu (izin presiden), semalam juga dibahas di tv," tambah dia.

Seperti diberitakan, Ketua DPR Setya Novanto tak mau memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), untuk diperiksa dalam kapasitasnya sebagai tersangka kasus dugaan korupsi kartu tanda penduduk berbasis elektronik (e-KTP). Dia memilih untuk membuka rapat paripurna DPR. Dalam pidatonya dia mengatakan DPR akan melakukan persiapan penyusunan dana penetapan Prolegnas RUU Proritas tahun 2018.

(jun/ce1/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP