Selasa, 21 Nov 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Health Issues

Tidak Bersih Menyikat Gigi, Risiko Abses Menghadang

| editor : 

Kesehatan gigi

Ilustrasi (Pixabay)

JawaPos.com - Akumulasi kebersihan gigi yang kurang bisa membuat penyakit bernama abses gigi. Spesialis Konservasi Gigi drg Karlina Samadi SpKG menuturkan, pada pasien abses gigi ini banyak disebabkan oleh penyebab kuman dan bakteri karena kebersihan gigi yang kurang.

’’Akibatnya, semakin banyak kuman dan bakteri yang memicu timbulnya abses gigi ini,’’ ujar dokter yang berpraktik di RS Gigi dan Mulut FKG Unair tersebut.

Selain itu, abses gigi bisa disebabkan karena trauma dari gigi karena kecelakaan atau jatuh. Apabila tidak dirawat untuk mendapatklan tindakan yang tepat. Maka lambat laun gigi tersebut akan menjadi abses gigi.

Karlina juga menambahkan, terdapat dua jenis pada abses gigi. Pertama adalah akut, pada jenis ini, pasien biasanya merasakan cekot-cekot pada gigi. ’’Bahkan ada yang disentuh sedikit saja sakitnya luar biasa,’’ imbuhnya.

Kedua, adalah abses gigi jenis kronis. Pada jenis ini, pasien tidak merasakan apa-apa, namun setelah menjalani pemeriksaan. Diketahui giginya sudah mati.

Bila sudah terjadi abses pada gigi. Maka Karlina akan melakukan serangkaian pemeriksaan terlebih dahulu pada pasien. Setelah itu, baru ditentukan tindakan apa yang tepat. Misalnya, masih memungkinkan dilakukan perawatan pada gigi. Maka gigi akan dipertahankan. ’’Jadi kalau bisa diselamatkan, kenapa harus dicabut,’’ tegasnya.

Untuk pencegahan pada abses gigi. Karlina menjelaskan bahwa seharusnya masyarakat melakukan pemeriksaan gigi. Dengan waktu yang rutin yaitu sekali dalam enam bulannya. Karena dari situ, dokter gigi akan menilai diperlukan sebuah tindakan atau tidak, untuk menjaga gigi pasien. ’’Misalnya juga ada gigi berlubang, kan bisa kita antisipasi itu abses atau bukan,’’ pungkasnya. (din)

(ina/ce1/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP