Jumat, 24 Nov 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Bisnis

Jonan Dorong Pelanggan 900 VA Naikkan Daya ke 1.300 VA, Ini Keuntungan

| editor : 

Ilustrasi petugas tengah memeriksa meteran listrik di Rumah Susun Benhil Jakarta Pusat

Ilustrasi petugas tengah memeriksa meteran listrik di Rumah Susun Benhil Jakarta Pusat (Dok.DERY RIDWANSAH/JAWAPOS.COM)

JawaPos.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana mengurungkan niatnya untuk menaikkan daya listrik golongan 900 VA non subsidi menjadi 5.500 VA. Namun, ESDM mendorong pelanggan untuk menaikkan daya listrik mereka dari 900 VA menjadi 1.300 VA.

Menteri ESDM, Ignasius Jonan mengatakan, pihaknya akan melakukan survei untuk memastikan kebijakan itu dijalankan pelanggan.

"Jadi yang 900 VA itu kita akan disurvei, ini bisa enggak dinaikkan ke 1300 VA. Tapi yang rumah tangga mampu ya," ujarnya di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (14/11) malam.

Kendati demikian, Jonan memastikan jika pelanggan 900 VA non subsidi beralih ke daya 1.300 VA, mereka tidak akan ada kenaikan tarif. Pelanggan nantinya tetap akan dikenakan tarif yang sama dengan  golongan 900 VA non subsidi.

"Tarifnya, kesepakatan enggak boleh naik, ya tetap menggunakan tarif yang 900 VA (non-subsidi) begitu. Jadi peningkatan daya, gak ada biaya apa-apa sih. Kalau dulu kan peningkatan daya, mintanya agak lama, bayarnya juga mahal biasanya, dan sebagainya," tandasnya.

(cr4/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP