Jumat, 24 Nov 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Ekonomi

Simak! Saran ESDM Agar Bayar Listrik Bulanan Tidak Membengkak

| editor : 

Ilustrasi meteran listrik pelanggan PT PLN (Persero)

Ilustrasi meteran listrik pelanggan PT PLN (Persero) (DOK.DERY RIDWANSAH/JAWAPOS.COM)

JawaPos.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan PT PLN (Persero) berencana melakukan penyederhanaan golongan daya listrik kepada pelanggan golongan 900 VA nonsubsidi, 1.300 VA, 2.200 VA, dan 3.300 VA menjadi 5.500 VA.

Sedangkan golongan 450 VA dengan pelanggan sebanyak 23 juta rumah tangga dan golongan 900 VA dengan pelanggan 6,5 juta rumah tangga yang disubsidi oleh pemerintah, tidak mengalami perubahan.

Sementara golongan 4.400 VA hingga 12.600 VA dinaikkan dan ditambahkan dayanya menjadi 13.000 VA, dan golongan 13.000 VA ke atas dayanya akan di-loss stroom.

Rencana tersebut dikhawatirkan akan membuat tarif listrik yang pelanggan biasa bayarkan setiap bulan akan membengkak.

Menanggapi hal itu Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir iuran mereka membengkak.

Dia meminta masyarakat untuk mulai melakukan pengelolaan pengguna listrik secara bijak dan produktif.

"Kalau boros menurut saya banyak cara, kan masyarakat bisa melakukan pembatasan sendiri mereka di dalam ya. Kan bisa saja mereka melakukan kontrol-kontrol sendiri di situ," kata Dadan di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (14/11).

Selain itu, Dadan menegaskan jika tarif listrik yang diberlakukan nantinya tidak akan naik. Dengan demikian, pihaknya meminta masyarakat untuk tidak khawatir atas kenaikan tarif tersebut.

"Kan yang selama ini dipahami ada kekhawatiran bahwa ini upaya terselubung untuk menaikkan listrik, misalkan. Enggak ada sama sekali untuk hal tersebut. Masyarakat membayar listrik sesuai yang dipergunakan, dengan tarif yang sekarang. Per kWh-nya sama, sekarang kan Rp 1.352 per kWh untuk 900 VA, Rp 1.467,28 per kWh untuk 1.300 VA," tutupnya. 

(cr4/ce1/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP