Selasa, 21 Nov 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Music & Movie

PAPPRI dan FIM Lokakarya Bentuk Serikat Pekerja Musik

| editor : 

Lokakarya PAPPRI dan FIM di Hotel Century Park, Jakarta, Selasa (14/11).

Lokakarya PAPPRI dan FIM di Hotel Century Park, Jakarta, Selasa (14/11). (Dedi Yondra/JawaPos.com)

JawaPos.com - Peningkatan kesejahteraan pekerja musik terus menjadi fokus Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Indonesia (PAPPRI). Sebagai kelanjutan program selanjutnya, kali ini digelar lokakarya tentang membentuk serikat pekerja musik. 

Lokakarya tersebut turut menghadirkan pihak Federation International of Musicians (FIM), yang merupakan organisasi ketenagakerjaan bidang musik dunia.

Dalam acara yang digelar di Hotel Century Park, Jakarta, PAPPRI dan FIM kemudian bersepekat untuk membentuk Indonesia Music Union (IMU). Tujuannya yakni menyatukan semua organisasi musik untuk melindungi serta mempromosikan hak ekonomi, sosial, dan intellectual property. Setelah di tingkat nasional, barulah IMU bakal didaftarkan ke tingkat dunia.

"Manfaat yang akan diperoleh sangat besar, dimana interaksi ini akan membawa para pekerja musik Indonesia ke tataran dunia. Sehingga berguna bagi kesejahteraan pekerja musik yang terus diperhatikan," kata Sekjen PAPPRI Johnny Maukar di Hotel Century Park, Senayan, Jakarta, Selasa (14/11).

Dibentuknya IMU tidak lepas dari adanya perhatian pemerintah, dalam ini Kemenaker. Pihak kementerian mendukung langkah PAPPRI dan FIM untuk terus memperjuangkan kesejahteraan musisi, termasuk pencipta karya. Bukan hanya bagi mereka yang tergabung dalan keanggotan organisasi tertentu tapi untuk seluruh pekerja musik.

Dalam IMU nanti bakal disusun aturan yang menyusun hak ekonomi, sosial, dan intellectual property.

Pengamat musik Bens Leo menyambut baik adanya lokakarya PAPPRI bersama FIM. Dia berharap langkah ini menjadi titik terang bagi kejelasan nasib pekerja musik.

"Ternyata tidak di Indonesia seperti ini. Tapi juga di luar negeri. Semoga dengan adanya IMU bisa lebih baik ke depannya," ucap Bens Leo. 

(ded/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP