Senin, 20 Nov 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Kesehatan

Terlalu Semangat saat Nonton One Direction, Paru-paru Remaja Ini Lepas

| editor : 

One Direction tanpa  Zayn Malik.

One Direction (PA)

JawaPos.com - Seorang ramaja penggemar One Direction mengalami kejadian yang sangat tidak terduga. Saat melihat konser band idolanya tersebut, remaja yang tidak disebutkan namanya itu sangat bersemangat.

Sepanjang konser tidak ada yang dilakukan selain berteriak dan ikut bernyanyi dengan kencang. Namun, semua itu ternyata memengaruhi fisiknya. Remaja putri berusia 16 tahun itu pulang dengan kondisi sesak napas.

Dia merasa kejadian itu hanya karena dia terlalu lelah. Tetapi, keesokan harinya, kondisi itu terus berlanjut. Akhirnya, orang tua si gadis membawanya ke RS dan hasilnya bikin shock. Dokter menyatakan kalau paru-paru penggemar 1D ini sudah terjatuh dari tempatnya.

Hasil X ray

Hasil X ray paru-paru remaja itu. (Daily Mail)

Dokter memperkirakan itu terjadi karena remaja asal Texas, Amerika Serikat itu terlalu banyak dan bersemangat saat berteriak. Kasus aneh tersebut membuat para dokter bercanda dan menyatakan kalau teriakan keras saat konser pop dianggap sebagai faktor risiko gejala tersebut.

Para ahli di University of Texas Southwestern Medical Center itu mengungkapkan kasus aneh tersebut dalam The Journal of Emergency Medicine. Dalam jurnal itu disebutkan kalau gadis yang tidak memiliki sejarah masalah pernafasan tersebut mendapati dirinya susah bernapas segera setelah konser.

Saat gejalanya berlanjut keesokan paginya, orang tua yang khawatir langsung membawanya ke dokter. Dokter melakukan tes mendetail. Mereka meyimpulkan tidak ada gangguan pernafasan. Namun, mereka bisa mendengar suara berderak saat mereka menekan jari mereka di leher dan dada gadis itu.

Setelah dilakukan x-ray terlihat kalau paru-parunya sudah keluar dan jatuh dari tempatnya. Keluhan tersebut dikenal secara medis sebagai pneumotoraks. Itu yang terjadi saat terjadi saat udara lolos ke dada melalui air mata.

Gadis itu dipulangkan keesokan harinya dan segera sembuh. Dipaparkan dokter, angkat beban, menyelam, dan terbang militer disebut sebagai penyebab pneumotoraks spontan. Tetapi, setelah kejadian ini, ada lagi penyebabnya. ”Kasus khusus ini menunjukkan bahwa teriakan keras saat konser pop harus ditambahkan ke daftar itu.” (*)

(tia/Daily Mail/ce1/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP