Jumat, 24 Nov 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Internasional

Tragis, Celaka Jelang Lepas Landas, Pilot Pesawat Tempur Tewas

| editor : 

Pesawat tempur Spanyol kecelakaan, pilot tewas.

RIP: Fernando Perez Serrano semasa hidup berfoto di pesawat yang jatuh bersamanya. (Telegraph)

JawaPos.com – Letnan Fernando Perez Serrano meninggal saat jet militernya celaka di Pangkalan Udara Torrejon de Ardoz, Spanyol, sekitar 20 kilometer dari Kota Madrid, kemarin (17/10).

Pria 26 tahun itu sedang bermanuver dan bersiap lepas landas saat tiba-tiba pesawat F-18 yang dikendalikan terbakar. Sejauh ini, penyebab pasti insiden maut tersebut belum diketahui.

’’Pilot pesawat tempur meninggal dunia di lokasi kejadian.’’ Demikian bunyi keterangan resmi Kementerian Pertahanan Spanyol. Selain pilot, tidak ada penumpang lain di dalam pesawat nahas tersebut. Kemarin stasiun-stasiun televisi Spanyol menampilkan gambar pesawat yang sudah menjadi arang. Sebelumnya, rekaman video amatir memperlihatkan asap tebal yang membubung dari landasan pacu.

Pesawat tempur Spanyol kecelakaan, pilot tewas.

PENYEBAB BELUM DIKETAHUI: Gambar pesawat yang hancur berkeping-keping setelah jatuh di pangkalan udara militer Torrejon, Madrid, Spanyol. (REUTERS)

Melalui akun resminya di Twitter, Kementerian Pertahanan Spanyol melaporkan bahwa peristiwa tragis itu terjadi sekitar pukul 11.00 waktu setempat. Selain nama dan usia pilot yang menjadi satu-satunya korban, kementerian hanya menyebut Kota Murcia sebagai kota asal korban. ’’Kami akan memberikan informasi yang lebih lengkap setelah investigasi usai,’’ kata seorang pejabat kementerian.

Serrano menjadi pilot jet tempur kedua yang tewas akibat kecelakaan pesawat dalam waktu kurang dari sepekan terakhir. Kamis (12/10) penerbang militer yang lain meninggal saat pesawatnya celaka dalam perjalanan pulang menuju pangkalan di kawasan tenggara Spanyol. Pilot yang tidak disebutkan identitasnya itu baru saja beratraksi dalam peringatan Hari Nasional di Kota Madrid ketika kecelakaan terjadi.

Pesawat jenis Eurofighter itu jatuh ke area pertanian tidak jauh dari Pangkalan Udara Los Llanos di Kota Albacete. Dalam peristiwa sekitar pukul 10.00 waktu setempat tersebut, nyawa sang pilot melayang seketika. Sampai sekarang, penyebab kecelakaan terus diselidiki. (*)

(AP/Reuters/theindependent/hep/c19/any/ce1)

Sponsored Content

loading...
 TOP