Jumat, 24 Nov 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Hukum & Kriminal

Fakta Baru Penyebar Hoax Ternyata Penakut, Tak Segarang di Medsos

| editor : 

Penyebar hoax

Ilustrasi (Pixabay)

JawaPos.com - Pemberantasan berita bohong atau hoax menjadi perhatian serius Bareskrim Polri. Sejauh ini tak sedikit pelaku yang menebar ujaran kebencian di Media Sosial (Medsos) berhasil dibekuk.

Direktur Tindak Pidana Siber Polri, Brigjen Fadil Imran mengatakan, dari kasus-kasus yang mereka tangani, ditemukan fakta bahwa ada karakter berbeda pelaku ujaran kebencian di medsos. Menurut dia, kebanyakan pelaku yang ditangkap, nyatanya punya kepribadian berbeda.

“Para pelaku ini secara psikologis tak segarang perbuatannya ketika di internet," ucap Fadil di kompleks PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (17/10).

Medsos

Ilustrasi (Pixabay)

Jenderal bintang satu ini menyebut, pelaku ujaran kebencian ini memang tampil agresif jika di dunia maya, namun nyatanya mereka rata-rata penakut. Mereka tidak pandai bergaul bahkan cenderung tertutup dari lingkungan sekitarnya.

"Orang-orang yang di ruang publik tidak dapat ruang interaksi, masuk ke dunia internet itu jadi garang," ungkap dia.

Orang seperti itu, lanjut dia, hobinya memanfaatkan dunia maya sebagai luapan ekspresi. Tidak jarang, mereka juga justru memanfaatkannya sebagai ladang bisnis. “Jadi media sosial di kita ini memiliki pengaruh besar,"pungkas Fadil.

(elf/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP