Selasa, 21 Nov 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
JPG Today

Ini Dia Kereta Kencana yang Akan Dinaiki Kahiyang

| editor : 

kereta kencana

Kereta kencana yang bakal jadi dinaiki Kahiyang (Ari Purnomo/jawapos.com)

JawaPos.com - Putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu akan diantar ke acara resepsi atau gedung Graha Sabha Buana menggunakan kereta kencana. Nantinya, Kahiyang akan berangkat dari rumah dinas Walikota Solo, Loji Gandrung, Jalan Slamet Riyadi, Solo. Saat ini kereta kencana masih disimpan di rumah dinas Loji Gandrung.

Kereta kencana ini memiliki bentuk yang sangat klasik. Ada sebuah kabin bertutup kaca dengan kursi berwarna keemasan. Kabin tersebut nantinya akan ditempati oleh Kahiyang. 

Di depan kabin terdapat tempat duduk yang akan digunakan untuk kusir. Tempat duduk ini dibuat bertingkat. Selain di bagian depan, ukiran hewan bersayap juga tampak di atas kabin. Di setiap sudut kaca, terlihat sebuah patung kecil yang berwarna emas. Kemudian, di bagian belakang ukiran bermotif mirip bunga.

Walikota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo kepada JawaPos.com mengatakan, untuk kereta kencana yang akan digunakan Kahiyang dan keluarga sudah siap. "Selama berada di Loji Gandrung kita selalu melakukan perawatan," katanya. 

Ditanya mengenai tahun pembuatan kereta tersebut, Rudy tidak bisa memastikannya karena saat dirinya menempati Rumdin Loji Gandrung, kereta tersebut sudah lebih dulu ada. "Kalau untuk jenis kayu dan tahun pembuatannya saya kurang paham, tetapi itu sudah ada sejak saya di situ (Loji Gandrung).

(apl/ce1/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP