Kamis, 23 Nov 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Internasional

Kondisi Miris Anak-anak Kelaparan di tengah Krisis Pangan

| editor : 

Kelaparan di Afrika

Kelaparan di Afrika (REUTERS)

JawaPos.com – Kelaparan dan krisis pangan masih terjadi di hampir seluruh belahan dunia. Catatan dari lembaga pangan dunia World Food Programme, sebanyak 1 dari 9 anak masih tidur setiap hari dengan perut kosong. Bahkan 1 dari 3 anak menderita kekurangan gizi.

Memberantas kelaparan dan malnutrisi adalah salah satu tantangan besar zaman. Konsekuensinya, gizi buruk memperlambat kemajuan di banyak bidang pembangunan lainnya seperti pendidikan dan lapangan pekerjaan.

Dalam laman World Food Programme, pada tahun 2015 komunitas global mengadopsi 17 Global Goals for Sustainable Development (SDGs) untuk memperbaiki kehidupan masyarakat pada tahun 2030. Tujuannya untuk mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan, memperbaiki gizi, dan mempromosikan pertanian berkelanjutan.

Setiap hari, WFP dan mitranya bekerja untuk mengatasi kelaparan. Dengan donasi menggalang bantuan kemanusiaan, lembaga amal menyediakan makanan bergizi untuk mereka yang membutuhkan. Dunia telah membuat kemajuan besar dalam mengurangi kelaparan. Sedikitnya hal itu dilakukan dengan lima cara.

Tingkatkan Daya Beli

Dunia menargetkan pada tahun 2030, pemerintah, warga negara, organisasi masyarakat sipil dan sektor swasta harus berkolaborasi mengatasi kelaparan. Untuk mewujudkannya, pemerintah tiap negara harus memperluas skema perlindungan sosial bagi masyarakat yang paling rentan. Hal ini akan menumbuhkan pertumbuhan ekonomi dan akan meningkatkan daya beli masyarakat.

Akses Makanan Bergizi

Akses makanan bergizi penting bagi 7 miliar penduduk di dunia. Infrastruktur pedesaan juga harus diperbaiki, begitu pula sarana listrik, dan akses bagi petani harus dibenahi.

Banyak Makanan Terbuang Sia-sia

Di negara maju, makanan sering terbuang sia-sia di piring, sementara di negara-negara berkembang tidak diproses karena penyimpanan makanan yang buruk.

Daftar Pangan Paling Penting

Saat ini di seluruh dunia tengah menggenjot swasembada pangan seperti empat tanaman (beras, gandum, jagung dan kedelai) mewakili 60 persen dari semua kalori yang dikonsumsi. Mengatasi tantangan perubahan iklim, dan ketersediaan pangan, petani juga dijamin dengan alat dan keterampilan yang diperlukan.

Pentingnya Usia Golden Age

Untuk menjamin kualitas gizi anak-anak, penting untuk menjamin anak di usia 1000 hari pertama usai kelahiran. Jangan sampai anak mengalami stunting dan kebutuhan terhadap ASI tercukupi.

(ika/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP