Selasa, 21 Nov 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
JPG Today

Tumpeng Untuk i Sedekah Bumi Pesona Dewi

| editor : 

1001 Tumpeng di Bersih Desa

Rebutan: Warga dan pengunjung rebutan mendapatkan gunungan sedekah bumi. Mereka percaya, dengan mendapatkannya maka hidupnya akan diberkati. (foto: Tika Hapsari/jawapos.com)

JawaPos.com- Sebanyak 27 tumpeng diusung dan diarak dari kantor Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, menuju ke ekowisata Boonpring Andeman, Senin (16/10).

Tumpeng-tumpeng yang ditempatkan di jolen atau tandu itu dihias dengan indah. Jenisnya bermacam-macam. Mulai dari nasi kuning lengkap dengan ayam ingkung, buah-buahan dan hasil bumi lainnya, hingga makanan ringan.

Kegiatan grebeg 1.001 tumpeng itu merupakan rangkaian dari bersih desa Sanankerto, Kecamatan Turen.

Usai para pejabat, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar), Made Arya Wedantara; Camat Turen, Mumuk Hadi Martono dan Kades, Muhammad Subur, memberikan sambutan di panggung kehormatan, tiba saat yang dinantikan.

Apalagi jika bukan rebutan tumpeng yang merupakan sedekah bumi. Tanpa menunggu waktu lama, pengunjung dan masyarakat yang menyemut di lokasi segera menyerbu jolen-jolen.

Ada yang dengan sigap mengarah ke tumpeng nasi kuning, putih yang lengkap dengan lauk menggiurkannya. Masyarakat segera saja mengambil kertas pangsit atau daun pisang untuk alas nasi dan aneka lauk nikmat. Mereka menyantapnya secara bersama-sama atau kembulan dalam bahasa Jawa.

Tapi juga ada yang menyerbu gunungan sedekah bumi yang berisi aneka sayur serta buah-buahan segar. Sementara itu, bocah-bocah lebih memilih gunungan makanan ringan.

Meski rebutan, namun kondisi ini tidak lantas menimbulkan kericuhan. Suasana tetap aman dan kondusif.

Salah satu pengunjung yang ikut terlibat rebutan sedekah bumi, Hadi, tampak asyik menikmati nasi gurih dan ayam kampung yang dia dapatkan.

Warga Kecamatan Sukun, Kota Malang, itu percaya, dengan menyantap sedekah bumi, maka dia akan dilimpahi keberkahan.

"Iya, untuk keberkahan, semoga selalu diberkahi dan dihindarkan dari bahaya," kata laki-laki yang mengaku selalu hadir di acara rebutan sedekah bumi dimana pun berada.

(tik/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP