Jumat, 15 Dec 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Metropolitan

Bahaya, Tanah Proyek LRT Longsor

| editor : 

LRT Amblas

Lokasi proyek LRT yang longsor (Salman Toyibi/ Jawa Pos)

JawaPos.com - Tanah galian pondasi pembangunan tiang pancang proyek Light Rail Transit (LRT) dan flyover Pancoran yang berada di depan Menara Saidah amblas. Peristiwa yang terjadi pada Kamis (12/10) sore itu diduga lantaran terkikis guyuran air hujan.

Insiden ini dibenarkan Kapolsek Pancoran Kompol M Hari Agung Julianto kejadian tersebut. Dia mengklaim amblasnya tanah itu tidak terlalu parah dan tidak menimbulkan dampak apapun terhadap aktivitas masyarakat.

"Mungkin kena hujan longsor. Itu cuma pagarnya aja. Biar pihak LRT yang ngomong," kata Kompol M Hari Agung Julianto saat di konfirmasi, Jumat (13/10).

LRT Amblas

Lokasi proyek LRT yang longsor (Salman Toyibi/ Jawa Pos)

Namun demikian, kini kondisi lokasi amblas pagar depan gedung Saidah sudah normal. Pekerjaan proyek pun tetap berjalan seperti biasa. "Tetap berjalan proyeknya, itu kan longsor tanah bukan gedungnya," ucap Agung.

Sementara itu, Manajer Konstruksi Sipil Divisi Konstruksi Departemen LRT Jabodebek, Ery Satriadi menuturkan, amblasnya tanah di sana ketika para pekerja proyek sedang melakukan pengerjaan pondasi. Ery juga memastikan Menara Saidah yang ada di depan proyek pembangunan tidak akan terkena dampak akibat hal itu.

"Nggak akan longsor menaranya. Pondasi menaranya pondasi dalam. Itu lereng galian kita saja tegerus hujan karena spacenya sempit sekali," tutur Ery.

Lebih lanjut Ery menyebut, dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa ataupun peralatan yang rusak, hanya pagar kerja proyek yang ikut amblas bersama tanah disana. Kini, pihaknya akan melakukan pembersihan di lokasi agar bisa kembali melakukan pengerjaan pondasi. "Jadi, harus harus pembersihan ulang lagi sebelum pengecoran pondasi," jelas Ery.

(cr5/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP