Kamis, 14 Dec 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Infotainment

#WomenBoycottTwitter: Ini Alasan Para Artis Memblokir Twitter

| editor : 

skandal pelecehan hollywood, Blokir Twitter, Alyssa Milano,

Status Alyssa Milano. (Screen-Shoot Twitter Alyssa Milano)

JawaPos.com - Aktor dan aktris menyerukan agar pengguna memboikot Twitter selama sehari setelah layanan tersebut menghentikan akun Rose McGowan karena melanggar persyaratan dan kebijakannya.

Akun Twitter McGowan, salah seorang yang memposting banyak status menghujat produser film Harvey Weinstein atas kelakuan cabulnya, dihentikan sementara oleh Twitter. Dan itu memicu kemarahan warganet di Twitter.

Menggunakan tagar #WomenBoycottTwitter, aksi itu akan dimulai pada tengah malam Jumat (13/10) waktu New York, AS atau Sabtu WIB dan berlangsung selama sehari.

skandal pelecehan hollywood, Blokir Twitter, Alyssa Milano, Rose McGowan

Rose McGowan (Richard Shotwell/Invision/AP)

McGowan yang juga menjadi korban Weinstein, menyelesaikan kasus itu di pengadilan pada1997. Saat itu dia memenangkan gugatan senilai USD 100.000. ”Twitter sudah memblok saya. Ada kekuatan yang sangat kuat sedang bekerja. Jadilah suara saya,” tulis McGowan di halaman Instagram-nya.

Dalam postingan itu juga ada snapshot dari pesan yang dia terima dari Twitter bahwa dia hanya bisa mengirim pesan langsung selama 12 jam kecuali dia menghapus tweet yang melanggar aturan Twitter.

Dalam serangkaian tweet, perusahaan San Francisco menjelaskan bahwa ada tweet McGowan, yang salah satunya mencantumkan nomor telepon pribadi, melanggar kebijakan mereka. Begitu tweet-tweet itu dihapus, Twitter akan membuka akunnya. ”Kami akan lebih jelas mengenai kebijakan dan keputusan ini di masa depan,” kata perusahaan tersebut.

Tanggapan tersebut memicu kemarahan warganet. Beberapa mengeluh bahwa Twitter telah terlalu lama menutup mata terhadap pelecehan perempuan yang merajalela di platform tersebut. Padahal, ada tweet-tweet lebih kasar. Misalnya dari akun Presiden Donald Trump. Tetapi, akun itu tidak pernah dibekukan.

Aktris Jamie Lee Curtis menulis, ”Apa ini? Anda mengizinkan kebebasan berkicau dengan presiden kami tapi Anda membungkam wanita yang berbicara tentang pelecehan seksual?”

Di antara mereka yang akan memboikot Twitter antara lain artis Alyssa Milano. ”Besok (Jumat, 13/10) akan menjadi hari pertama dalam lebih dari 10 tahun saya tidak akan tweet. Bergabunglah dengan saya. #WomenBoycottTwitter," dia tweet pada hari Kamis.

Model Chrissy Teigen juga mendesak wanita untuk bergabung dengannya dalam boikot tersebut. ”Ladies, ayo kita lakukan ini. #WomenBoycottTwitter Bukan karena kebencian tapi karena saya menyukai platform ini dan ingin mereka lebih baik,” tulisnya. (*)

(tia/The guardian/USA today/BBC/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP