Selasa, 21 Nov 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Infotainment

Pelecehan Seksual: Tabir Kelam Industri Film Hollywood

| editor : 

Skandal seks hollywood, Harvey Weinstein, Kate Beckinsale

Harvey Weinstein dan Kate Beckinsale (Moviestore/REX/Shutterstock via Daily Mail)

JawaPos.com – Kasus pelecehan seksual yang dilakukan produser kenamaan Hollywood Harvey Weinstein membuka tabir kelam industri film Hollywood. Bahkan mungkin, industri film secara global.

Seperti yang dipaparkan Emma Thompson. Artis dan penulis skenario peraih Piala Oscar itu mengatakan kalau dia tidak terlalu terkejut dengan berita mengenai mantan box Miramax itu. Bintang asli Inggris beusia 58 tahun itu mengatakan bahwa perilaku seperti Weinstein sudah menjadi epidemi sistem di industri film.

Dan sebagai artis, dia pun mengalami hal yang sama dengan banyak pria lain selama bertahun-tahun. ”Tentu saja, banyak, banyak. Saya menghabiskan usia 20-an saya mencoba untuk menjauhkan lidah lelaki tua dari mulut saya,” kata Thompson saat ditanyakan apakah ada orang lain seperti Weinstein di Hollywood.

Skandal seks hollywood, Harvey Weinstein, Kate Beckinsale

Kate Beckinsale dalam Underworld. (Moviestore/REX/Shutterstock via Daily Mail)

Dia pun mentertawakan bila perilaku Weinstein disebut sebagai kecanduan. ”Saya rasa Anda tidak bisa menggambarkannya sebagai pecandu seks. Dia predator,” kata Thompson. ”Dia pemangsa yang sebenarnya, dia berbahaya dan apa yang dia lakukan adalah tindakan kriminal.”

Kata Thompson, kasus Weinstein adalah puncak gunung es. ”Bagian atas tangga adalah sistem pelecehan, meremehkan, intimidasi, dan gangguan,” ujarnya. Thompson mengungkapkan mungkin korban Weinstein jauh lebih banyak dari lelaki-lelaki cabul lain di Hollywood. Tetapi perilaku mereka tidak jauh lebih baik dari Weinstein.

Saat ini, lebih dari selusin wanita - termasuk aktris Angelina Jolie, Ashley Judd, dan Gwyneth Paltrow, mengungkapkan kalau mereka pernah menjadi korban Weinstein. Yang terbaru adalah supermodel Cara Delevingne dan aktis asal Inggris Kate Beckinsale.

Dalam sebuah posting Instagram pada Kamis (12/10), Beckinsale mengungkapkan bagaimana Weinstein menemuinya saat dia berusia 17 tahun. Aktris asal Inggris itu mengatakan bahwa Weinstein mengundangnya ke kamar hotelnya untuk mengadakan pertemuan.

Di kamar itu, lelaki cabul tersebut hanya menggunakan jubah mandi dan menawarinya minum alkohol. Tetapi, Beckinsale berhasil keluar kamar. Beckinsale tidak menyesal melakukan itu meski kemudian dia menyadari keputusan itu sudah membahayakan karirnya saat itu.

Bertahun-tahun kemudian dia bertemu lagi dengan Weinstein, dan lelaki itu bertanya kepadanya apakah ada yang terjadi saat mereka pertama kali bertemu. ”Dia bahkan tidak ingat apakah dia sudah melecehkan saya apa tidak,” katanya.(*)

(tia/The guardian/Daily Mail/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP