Jumat, 15 Dec 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Nasional

Jembatan Udara Beroperasi Bulan Ini

| editor : 

Jembatan Udara

Grafis (Errie Dini/Jawa Pos)

JawaPos.com- Jembatan udara akan dioperasikan dalam waktu dekat. Saat ini proyek jembatan udara sudah memasuki tahap lelang.

”Sekarang lelang sudah dijalankan. Bulan ini mudah-mudahan bisa beroperasi,” tutur Sekjen Kementerian Perhubungan Sugihardjo.

Dalam pengoperasian jembatan udara, lanjut dia, ada tiga bandara yang menjadi percontohan. Yakni, Timika, Wamena, dan Dekai. Masing-masing melayani empat rute. Karena itu, dengan beroperasinya jembatan udara di tiga bandara, akan ada 12 rute yang dilayani. Dua belas rute tersebut adalah Timika–Beoga, Timika–Ilaga, Timika–Kenyam, Timika–Sinak, dan Wamena–Mugi. Lalu, Wamena–Mapenduma, Wamena–Enggolok, Wamena–Mamit, Dekai–Silimo, Dekai–Korupun, Dekai–Ambruk, dan Dekai–Ubahak.

Tahun depan jumlah rute ditambah untuk melayani daerah-daerah lainnya. Menurut dia, dari 12 rute itu, jembatan udara akan melayani 18 rute. ”Akan ada tambahan satu simpul. Di mananya, nanti segera diinfokan,” ungkap dia.

Jembatan udara disebut-sebut sebagai solusi disparitas harga di Indonesia yang belum sepenuhnya diselesaikan dengan tol laut. Jika hanya mengandalkan tol laut, daerah-daerah pedalaman yang jauh dari pelabuhan tetap tidak bisa mendapatkan manfaat dari program unggulan pemerintahan Jokowi-JK tersebut.

Guna memuluskan proyek itu, Kemenhub mengucurkan dana Rp 41 miliar untuk subsidi bagi maskapai menjalankan program jembatan udara tahun ini. Subsidi anggaran yang disiapkan pemerintah itu sudah mencakup subsidi untuk bahan bakar pesawat. Subsidi avtur diperlukan lantaran kelangkaan komoditas itu di sejumlah lokasi tersebut.

(and/c10/oki)

Sponsored Content

loading...
 TOP