Jumat, 15 Dec 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Internasional

AS dan Israel Hengkang dari UNESCO

| editor : 

AS keluar dari UNESCO

TERGUNCANG: Markas besar UNESCO di Paris, Prancis. (REUTERS/Philippe Wojazer)

JawaPos.com - Amerika Serikat dan Israel mengumumkan bahwa mereka telah keluar dari lembaga budaya PBB UNESCO. Itu dilakukan setelah pemerintahan Donald Trump menuduh UNESCO terlalu anti-Israel.

Mundurnya AS yang berarti mereka tidak lagi menjadi penyumbang dana UNESCO merupakan pukulan besar bagi organisasi yang berbasis di Paris, Prancis itu. Pasalnya, AS menjadi salah satu dari lima negara yang memberikan sumbangan paling besar ke lembaga yang didirikan setelah Perang Dunia Kedua untuk membantu melindungi warisan budaya dan alam di seluruh dunia tersebut.

”Keputusan ini tidak bisa dianggap sebelah mata. Ini mencerminkan keprihatinan AS seiring besarnya sumbangan AS untuk UNESCO, kebutuhan akan reformasi mendasar dalam organisasi tersebut, dan masih berlanjutnya bias anti-Israel,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri Heather Nauert dalam sebuah pernyataan.

Beberapa jam kemudian, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa Israel juga akan berhenti. Mereka menyebut keputusan AS berani dan bermoral.

Direktur Jenderal UNESCO Irina Bokova mengungkapkan kekecewaannya dengan keputusan ini. ”Pada saat konflik terus merobek masyarakat di seluruh dunia, sangat disesalkan Amerika Serikat menarik diri dari badan PBB yang mempromosikan pendidikan untuk perdamaian dan perlindungan budaya yang sedang hancur,” katanya. ”Ini adalah kerugian bagi keluarga Perserikatan Bangsa-Bangsa. Ini adalah kerugian multilateralisme.”

Washington telah menahan dana untuk UNESCO sejak 2011, ketika badan tersebut mengakui Palestina sebagai anggota penuh. Amerika Serikat dan Israel termasuk di antara 14 dari 194 anggota yang memilih untuk tidak mengakui orang-orang Palestina. Tunggakan Washington pada iuran tahunan mencapai USD 80 juta sejak saat itu. Sekarang lebih dari USD 500 juta.(*)

(tia/Reuters/The guardian/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP