Minggu, 22 Oct 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Infotainment

Persalinan Winda Viska Penuh Perjuangan

| editor : 

PENGALAMAN: Winda dan suami saat akan menghelat jumpa pers.

PENGALAMAN: Winda dan suami saat akan menghelat jumpa pers. (Fedrik Tarigan/Jawa Pos)

JawaPos.com - Penyanyi sekaligus alumni Indonesian Idol musim pertama Winda Viska melahirkan putra keduanya, Mahesa Mulyadi Tan, Selasa (10/10) pukul 10.00 di RSIA Kemang Medical Care. Bayi dengan berat badan 2,02 kg itu lahir lebih cepat dari perkiraan. ”Seharusnya saya bersalin awal November. Tapi, saya kena pre-eklampsia,” ujar Winda kemarin (12/10).

Saat kehamilannya memasuki bulan ketujuh, tekanan darah Winda naik. Oleh dokter kandungannya, dr Ridwan SpOG, Winda disebut terkena gangguan kehamilan yang jika tidak ditangani dengan tepat bisa berakibat fatal, baik bagi ibu maupun bayi.

Sesudah mendengar kabar itu, Winda sempat tertawa. Namun, dokter mengingatkan Winda tidak menganggapnya remeh. ”Saya akhirnya nurut, harus rutin cek kandungan sama minum obat supaya nggak semakin parah,” ungkap istri Mulyadi Tan itu. Selain menjaga kandungan, Winda harus mengonsumsi obat tensi agar tekanan darahnya kembali normal.

Sabtu (7/10) Winda dan suami pulang dari Tanjung Pinang. Tekanan darahnya naik menjadi 160. Namun, Winda baru ke dokter pada Senin (9/10) saat tekanan darahnya naik lagi menjadi 180. Dokter meminta Winda segera bersalin secara Caesar. Namun, Winda ingin tetap melahirkan secara normal.

Dia pun menjalani proses induksi. Sayang, karena pengaruh obat penurun tekanan darah, obat induksi tidak bekerja maksimal. Selain itu, pre-eklampsinya sudah berdampak pada ginjal Winda. Air seninya berwarna merah lantaran pembuluh darah di ginjal mulai pecah. ”Dokter benar-benar warning, ini harus segera Caesar sebelum makin parah,” ujar Winda sambil menahan tangis.

Akhirnya, Selasa pagi, Winda menjalani proses operasi Caesar. Winda pun bersyukur sang bayi saat ini dalam keadaan baik meski setelah lahir si kecil sempat masuk ruang ICU selama dua hari. ”Ini pelajaran berharga. Saya beruntung dikelilingi orang-orang yang peduli seperti suami saya dan dokter Ridwan,” ungkapnya. (*)

(len/c25/ayi)

Sponsored Content

loading...
 TOP