Rabu, 18 Oct 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Sepakbola Indonesia

Persebaya vs Kalteng Putra

Rebut Juara Grup, Rek!

| editor : 

Persebaya Surabaya

Perkiraan Line up Persebaya vs kalteng Putra (Budiono/Jawa Pos)

JawaPos.com- Tiket ke babak delapan besar Liga 2 memang sudah di tangan. Tapi, pantang bagi Persebaya Surabaya merasa bahwa perjuangan di babak 16 besar sudah selesai. Sebab, klub berjuluk Green Force tersebut belum memastikan diri menjadi juara grup C.

Nah, satu-satunya cara untuk keluar sebagai juara grup adalah tidak kalah oleh tamunya, Kalteng Putra FC dalam laga Kamis sore (12/10) ini. Apalagi setelah insiden di Stadion Tuah Pahoe, Palangka Raya (26/9), ketika Persebaya bertamu. Sore ini Persebaya akan habis-habisan di Gelora Bung Tomo, Surabaya (siaran langsung tvOne pukul 15.00 WIB).

Setelah dua pertandingan terakhir berakhir 0-0, yakni ketika melawan Persigo Semeru FC (4/10) dan PSBS Biak (8/10), pelatih Persebaya Angel Alfredo Vera mengisyaratkan turun dengan kekuatan terbaik. Apalagi, Persebaya memiliki catatan kandang yang mantap selama babak 16 besar.

Persebaya Surabaya

SEMANGAT: Ayo Rek rebut posisi juara grup C. (Angger Bondan/Jawa Pos)

Ya, dalam dua laga kandang sebelumnya, Persebaya selalu menang besar dan tidak kebobolan. Persebaya menang atas Persigo Semeru 4-0 (30/9) dan membantai PSBS Biak 5-0 (22/9). Karena itu, Alfredo menginginkan pasukannya kembali ke tren mantap tersebut.

Kebetulan, di antara para pemain yang selama ini menjadi opsi utama, hanya Irfan Jaya yang diragukan tampil karena kurang fit. Kalaupun dia absen, kapten Rendi Irwan berada dalam kondisi fit dan siap dimainkan sejak awal. Selama musim ini, kolaborasi Rendi dan Misbakus Solikin dalam menyusun serangan juga padu.

’’Setelah dilihat di lapangan, mereka kalau bersama terlihat sangat memudahkan aliran bola. Tapi, jelas bukan hanya mereka solusinya. Kami juga meminta kerja dari seluruh pemain. Yang utama dalam evaluasi adalah finishing yang harus efektif,’’ kata asisten pelatih Persebaya Esteban Busto.

Apalagi, Bonek bakal menghijaukan GBT untuk memberikan dukungan penuh kepada klub kesayangannya, Persebaya. ’’Sewaktu saya masih jadi pemain, kami memang fokus untuk bertanding selama 90 menit. Tapi, dukungan suporter juga penting. Pertandingan ini juga akan seru karena kedua tim ingin tiga poin,’’ kata mantan pemain Persis Solo dan Persema Malang itu.

Di sisi lain, Kalteng Putra punya catatan kurang bagus. Di babak penyisihan grup 6 lalu, mereka punya catatan kurang apik di laga tandang. Dalam enam laga, mereka 1 kali menang, 2 kali imbang, dan 3 kali kalah. Tapi, di babak 16 besar, mereka menjadi satu-satunya tim di grup C yang pernah meraih tiga poin saat bertandang.

Saat ini kondisi mereka pun kurang bagus. Hanya ada 15 pemain yang dibawa lantaran bermasalah dalam kebugaran. Padahal, mereka membutuhkan tiga poin untuk lolos tanpa bergantung hasil pertandingan lain yang mempertemukan Persigo Semeru dengan PSBS.

Pelatih Kas Hartadi pun sudah mempersiapkan dengan baik untuk laga tersebut. Termasuk evaluasi setelah sempat ditahan oleh Persigo Semeru (8/10). Berdasar evaluasinya, para pemainnya terlalu asyik menyerang.

’’Kami lupa bertahan di laga itu. Untuk kali ini wajib menang, jadi akan bermain terbuka. Tapi, kami juga sudah mengasah kemampuan transisi (dari menyerang ke bertahan, Red). Semua pemain akan berusaha maksimal untuk tiga angka,’’ ujar pelatih 46 tahun asal Solo itu.

(dit/c19/ham)

Sponsored Content

loading...
 TOP