Senin, 23 Oct 2017
Logo JawaPos.com
Sepakbola Dunia

Islandia, Negara dengan Populasi Terminim yang Tampil di Piala Dunia

| editor : 

Islandia

Islandia menjadi negara dengan populasi paling minim yang tampil di Piala Dunia (AFP)

JawaPos.com - Sebuah fakta menarik tersaji usai Islandia memastikan lolos ke Piala Dunia 2018. Mereka menjadi negara dengan populasi terminim yang tampil di Piala Dunia.

Seperti diketahui, Islandia hanya memiliki luas 102.775 km2. Dengan populasi sekitar 330.000 jiwa, Islandia menjadi negara dengan penduduk terjarang di Eropa.

Hanya saja, sepak bola mereka ternyata berkembang pesat. Terbukti, mereka mampu membentuk timnas yang kompetitif. Negara yang mendeklarasikan kemerdekaannya pada 17 Juni 1944 ini pun menciptakan sejarah baru yakni lolos ke Piala Dunia 2018. Untuk pertama kali mereka berlaga di pentas Piala Dunia.

Keberhasilan ini meneruskan kejutan Islandia pada 2016 lalu. Saat itu, untuk kali pertama mereka mampu tampil di turnamen Euro. Tak sekadar debut, mereka langsung menciptakan ledakan. Islandia mampu melaju hingga perempat final dengan cara yang luar biasa. Di babak 16-besar, Islandia mengalahkan Inggris.

Islandia lolos langsung ke Rusia 2018 usai mengalahkan Kosovo pada Selasa (10/10) dini hari WIB. Tim asuhan Heimir Hallgrimsson itu mampu mengangkangi Kroasia yang harus mengais asa ke Rusia lewat jalur play-off. Hallgrimsson mampu membuktikan kapasitasnya sebagai pelatih. Sebelumnya dia berduet dengan Lars Lagerback dan membawa Islandia tampil di pentas Euro 2016.

Fans Islandia merayakan keberhasilan timnas mereka lolos ke Piala Dunia 2018

Fans Islandia merayakan keberhasilan timnas mereka lolos ke Piala Dunia 2018 (AFP)

Dari nama-nama pemain saat ini, tak ada yang menonjol. Mungkin yang paling dikenal adalah Gylfi Sigurdsson yang saat ini bermain bersama Everton. Sebelumnya dia sempat memperkuat Tottenham Hotspur selama dua musim (2012-2014). Selain itu ada Alfred Finnbogason yang tercatat sebagai striker FC Augsburg, Jerman. Sebelumnya dia pernah berkiprah di Spanyol bersama Real Sociedad.

Pemain terkenal Islandia adalah Eidur Gudjohnsen. Sepanjang kariernya dia pernah memperkuat sejumlah klub elite di Eropa mulai dari PSV Eindhoven, Chelsea, Barcelona, AS Monaco, dan Tottenham Hotspur.

Patut dinanti kiprah Islandia di Piala Dunia 2018. Apakah mereka bisa mengejutkan seperti di Euro 2016? Kemungkinan itu selalu ada.

(epr/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP