Jumat, 15 Dec 2017
Logo JawaPos.com
Sepakbola Dunia

Pra-Piala Dunia 2018

Islandia Ciptakan Sejarah, Tampil Pertama Kali di Piala Dunia

| editor : 

Islandia

Para pemain Islandia merayakan keberhasilan tampil di Piala Dunia untuk pertama kali (AFP)

JawaPos.com - Sejarah terus diciptakan oleh Islandia di pentas sepak bola. Usai pertama kali tampil di turnamen Euro pada 2016 lalu, kini mereka untuk pertama kali akan berlaga di Piala Dunia.

Kepastian itu didapat setelah Islandia meraih tiket lolos langsung ke Piala Dunia 2018. Dalam laga terakhir Pra-Piala Dunia 2018 zona UEFA Grup I, Islandia menang 2-0 saat menjamu Kosovo, Selasa (10/10) dini hari WIB.

Kemenangan tersebut membuat Islandia kokoh di puncak klasemen Grup I dengan 22 poin. Sebagai juara grup, tim asuhan Heimir Hallgrímsson itu berhak tiket langsung ke Rusia 2018. Sementara itu, Kroasia yang pada saat bersamaan menang 2-0 di kandang Ukraina, harus mengais asa lolos ke Piala Dunia 2018 lewat jalur play-off.

Tiket langsung yang diraih Islandia cukup mengejutkan. Awalnya, Grup I diprediksi menjadi milik Kroasia. Namun, jelang tikungan akhir, Kroasia justru melemah. Kekalahan 0-1 dari Turki dan kemudian ditahan imbang Finlandia, membuat Kroasia kehilangan posisi di puncak klasemen.

Sementara itu, Islandia mampu tampil stabil. Usai kalah dari Finlandia, Gylfi Sigurdsson cs kemudian menang atas Ukraina, menang di kandang Turki, dan terakhir menang saat menjamu Kosovo. Tiga kemenangan beruntun di tikungan akhir, plus hasil minor Kroasia, membuat Islandia mampu lolos langsung ke Rusia 2018.

Islandia (biru) saat menang atas Kosovo

Islandia (biru) saat menang atas Kosovo (AFP)

Pada laga menjamu Kosovo, Selasa (10/10) dini hari WIB, gol Islandia dilesakkan oleh Sigurdsson pada menit 40 dan Johann Gudmundsson pada menit 68. Negara yang hanya berpenduduk 332.529 ribu jiwa berdasar sensus pada Januari 2016 ini berhasil tampil di ajang akbar Piala Dunia untuk pertama kali. Ini mengindikasikan bahwa kualitas sepak bola negara-negara kecil - terutama Eropa - sudah sangat berkembang.

Hasil Matchday Akhir Grup I
Finlandia 2-2 Turki
Ukraina 0-2 Kroasia
Islandia 2-0 Kosovo

Klasemen Akhir Grup I
Islandia - 22 poin
Kroasia - 20 poin
Ukraina - 17 poin
Turki - 15 poin
Finlandia - 9 poin
Kosovo - 1 poin

(epr/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP